Baru 24 OPD yang Dicairkan Gaji Ke-13

293
Hj Isma

 

 

KENDARI – Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sultra akhirnya gembira. Pasalnya, pencairan gaji 13 sudah mulai dicairkan sejak, kemarin, senin (10/8).

Pencairan gaji 13 tahun ini berbeda dengan pencairan gaji 13 di tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, pencairan gaji 13 di cairkan sebulan setelah pencairan gaji 14 atau bahkan bersamaan. pencairan gaji 13 tahun ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, masa pandemi covid-19 mengakibatkan hampir saja gaji 13 tak lagi diberikan kepada ASN.

Kepala BPKAD Sultra, Hj Isma mengaku sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 24 tanggal 10 Agustus 2020, tentang petunjuk teknis (Juknis), Senin (10/8) gaji 13 ASN untuk Pemprov Sultra dapat dicairkan.

“Sudah mulai pencairan dan sudah ada 24 organisasi perangkat daerah (OPD) yang telah mengajukan pencairan gaji 13, dan sudah bisa mulai dicairkan,” ujar Hj Isma, Senin (10/8) melalui pesan whatShap nya.

Sementara, OPD lainnya belum mengajukan pencairan gaji 13. Namun, jika segera mengajukan pencarian gaji 13, maka akan dapat diproses segera pencairannya pada hari itu juga

Mantan Pj Sekda Sultra itu mengatakan, total ASN Pemprov Sultra yang tercatat mendapat jatah gaji 13 untuk seluruh OPD Pemprov Sultra berjumlah 13.225 orang dengan total anggaran sebesar Rp 57,259 miliar.

Jika dibandingkan dengan anggaran gaji 14 atau tunjangan hari raya (THR) ASN, menelan anggaran Rp 57,7 miliar yang didistribusikan kepada 13.343 ASN Pemprov Sultra.

Peruntukan gaji 13 diatur dalam eraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020

Dalam Pasal 2 di PP di atas disebutkan bahwa gaji ke-13 ini diberikan kepada PNS, prajurit TNI, anggota Polri, ketua, wakil ketua, dan hakim pada semua badan peradilan, staf khusus di lingkungan kementerian, dan hakim ad hoc. Selain itu, pimpinan lembaga nonstruktural (LNS), pimpinan lembaga penyiaran publik (LPP), pimpinan badan layanan umum (BLU), pegawai non-PNS pada LNS, LPP, BLU, Pegawai lainnya yang diangkat oleh pejabat yang memiliki kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, penerima pensiunan atau tunjangan, dan Calon PNS.

Khusus untuk PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri, gaji ke-13 juga diberikan kepada mereka yang ditempatkan atau ditugaskan di perwakilan Indonesia di luar negeri. Baca juga: Gaji Ke-13 PNS segera cair.

Berikut Ini yang bisa mendapatkan gaji ke-13. PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang ditugaskan di luar instansi pemerintah, baik di dalam maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi induknya juga berhak atas gaji ke-13 tersebut.

Sementara itu, syarat pegawai non-PNS pada LNS, LPP, atau BLU untuk menerima gaji ke-13 ini adalah telah melaksanakan tugas pokok organisasi secara penuh dan terus menerus paling singkat selama 1 (satu) tahun sejak pengangkatan. Jika belum memenuhi satu tahun, penghasilan ke-13 dapat diberikan apabila telah menandatangani perjanjian kerja dengan pejabat yang berwenang dan telah dinyatakan berhak menerima penghasilan ketiga belas atau telah ditetapkan menerima penghasilan ketiga belas oleh Pejabat Pembina Kepegawaian. (efn/aji)

Komentar Pembaca
.