Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Perbaikan Dirancang Berbeda

402
Badran

LANGARA – Setelah verifikasi administrasi syarat dukungan perbaikan bakal calon (balon) perseorangan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) beberapa waktu lalu. Tahapannya memasuki babak baru yakni verfikasi faktual syarat dukungan perbaikan yang akan dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tujuh Kecamatan, mulai  tanggal 8 hingga 16 Agustus 2020.

Meski seperti itu, verifikasi faktual syarat dukungan perbaikan balon perseorangan ini dirancang berbeda, sesuai petunjuk teknis (juknis) Nomor 82 Tahun 2020 Tentang verifikasi faktual perbaikan syarat dukungan bakal calon perseorangan.

Demikian yang disampaikan Kordiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPUD Konkep Badran SSos, usai membawakan materi bimtek Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Konkep, Kamis (6/8/2020).

“Kalau di awal itu PPS kami yang berkunjung di masing-masing rumah pendukung. Kalau ini beda,  “LO” Bakal Paslon yang memfasilitasi dalam satu tempat entah di lapangan atau di balai desa untuk melakukan verifikasi faktual di satu tempat. Tetapi tetap memperhatikan protokol covid-19,” jelasnya.

Apabila masih ada warga atau pendukung yang belum sempat dikumpulkan oleh LO Balon kata Badran, maka pendukung yang menyerahkan dukungan bisa berkunjung ke kantor PPS untuk verifikasi faktual.

“Jadi ini terkesan LO yang lebih aktif. Ketika LO menyampaikan di suatu tempat ada pendukungnya maka PPS akan melakukan verifikasi faktual sesuai yang diarahkan,” katanya.

Soal total jumlah yang akan diverifikasi faktual, Badran merinci, dari 3.123 syarat dukungan perbaikan yang disetorkan, setelah verifikasi administrasi yang tidak memenuhi syarat ada 58 dukungan. Jadi total yang diverifikasi faktual sebanyak 3.065 dukungan.

“Kemudian rekap kecamatan akan dilaksanakan mulai tanggal 17 sampai dengan 19 Agustus 2020. Rekap Kabupaten 20 sampai dengan 21 Agustus 2020,” tutupnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
.