Apersi dan BTN Makin Solid Wujudkan Program Sejuta Rumah di Sultra

64
Apersi dan BTN Makin Solid Wujudkan Program Sejuta Rumah di Sultra

 

KENDARI – Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), Junaidi Abdillah melakukan kunjungan ke Sultra, Rabu (9/9/2020).

Selain silaturahmi dengan pihak Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Kendari dan pengurus Apersi Sultra, kunjungan ini untuk mewujudkan program sejuta rumah dan memperkuat sinergitas, kolaborasi dengan pihak perbankan serta menjaga pertumbuhan sektor properti di tengah ancaman pelambatan pertumbuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19, khususnya di Sultra.

Kunjungan ini merupakan agenda rutin dalam rangka memberikan pembinaan kepada anggota DPD Apersi di daerah dan sosialisasi program bersama BTN.

“Ini merupakan agenda saya dalam rangka pembinaan kepada seluruh anggota Apersi yang nota bene adalah para pengembang yang fokus kepada pembangunan rumah subsidi dan nonsubsidi. Sebagian besar mereka telah bersinergi dengan Bank Tabungan Negara konvensioal maupun syariah,” ucap Junaidi kepada awak media di Hotel claro Kendari, Rabu (9/9/2020).

Junaidi menjelaskan, alasan Apersi lebih cenderung ke BTN, karena memiliki kuota terbesar dalam penyaluran KPR baik itu FLPP , BP2HTB maupun SSB. Apalagi katanya, hampir semua anggota Apersi di Indonesia lebih fokus kepada bank yang memiliki kuota-kuota yang lebih besar.

“Kenapa kita lebih cenderung ke BTN, karena kuota terbesar hanya di BTN. Sebenarnya semua anggota-anggota kita bebaskan ke bank lain, tetapi karena BTN kuotanya besar, maka anggota apersi cenderung ke sana. Terbukti selama ini kerja sama anggota kita mayoritas dengan BTN,”ungkapnya.

Junaidi berharap, Sinergi dan kemitraan ini harus sering didiskusikan karena dengan sering diskusi maka akan ditemukan titik yang lebih baik dan masyarakat akan lebih mudah mendapatkan kemudahan kemudahan dalam memiliki rumah.

“Saya melihat pembangunan di Sultra lagi berkembang otomatis kebutuhan masyarakat akan rumah semakin meningkat. Saya berharap dengan sinergitas dan kemitraan Apersi-Bank BTN dan Bank BTN Syariah makin solid sehingga kebutuhan masyarakat mendapatkan rumah subsidi dan nonsubsidi akan lebih mudah,“ harapnya.

Di tempat yang sama, Erik Budi Setiawan selaku Branch Manager Bank BTN (Persero) Tbk. KC Kendari sangat mengapresiasi Kemitraan yang telah terjalin antara Bank BTN dengan APERSI, khususnya di Sultra yang menjadikan Bank BTN sebagai pilihan utama dalam pembiayaan pembangunan rumah subsidi.

“Saya sangat berterima kasih teman teman Apersi mempercayakan pembiayaan KPR kepada Bank BTN . ingat rumah , ingat bank BTN,” ucapnya

Erik mengatakan, saat kondisi pandemi seperti ini, terbukti Bank BTN tidak meninggalkan mitra- mitranya untuk tetap berjuang bersama dalam memulihkan ekonomi melalui pembiayaan perumahan.

Bank BTN-pun telah menjadi market leader untuk sektor perumahan secara nasional baik itu perumahan komersil maupun subsidi. Karena saat ini , Bank BTN berada di angka 40 persen dalam pembiayaan KPR . Sedangkan untuk rumah subsidi pangsa pasar Bank BTN berada di angka 80 persen.

Bank BTN juga merupakan satu-satunya yang fokus di bidang perumahan dan hanya Bank BTN yang mendapat mandat dari pemerintah untuk menjadi bank yang diandalkan dalam menyukseskan program sejuta rumah.

“Kami punya pembiayaan yang lengkap untuk konstruksi, untuk developer , untuk pembelian lahan dan juga untuk produk produk KPR banyak variasiny. Tentunya ini adalah pilihan yang tepat buat APERSI menjadikan kami sebagai mitra utama dalam pelaksanaan pembangunan perumahan subsidi,” kata Erik.

Didampingi Branch Manager Bank BTN Syariah KC Kendari, Erik Budi Setiawan berharap dengan keberadaan APERSI di Sultra akan menghasilkan karya yang baik dalam mewujudkan program sejuta rumah.

“Semoga dengan eksisnya kembali APERSI Sultra, akan menjadikan Iklim Kompetisi lahir kembali di sultra. Bank BTN juga sangat menyambut positif sinergitas ini . tentunya kedepan kerjasama dengan APERSI sultra semakin baik dalam rangka mewujudkan program sejuta rumah,” harapnya.

Turut hadir dalam silaturami tersebut, Ketua DPD Apersi Sultra, Syahiruddin Latief, Wakil Ketua DPD Apersi Sultra Syamsuddin dan Sekretaris DPD Apersi Sultra, H Rustam. (p2/b/aji) 

Komentar Pembaca
.