Belum Penuhi Syarat, Pasangan RE-BL Diberi Waktu Perbaikan Berkas

37
Komisioner KPU Muna, Muhammad Ichsan saat menyerahkan hasil penelitian berkas balon RE-BL kepada perwakikan parpol pengusung.

 

RAHA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna sedang melakukan penelitian atau verifikasi keabsahan persyaratan pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Muna tahun 2020, pasca menutup masa pendaftaran balon tangval 4-6 September lalu.

Pada rapat pleno penyampaian keabsahan persyaratan balon yang digelar di KPU Muna, Senin (14/9/2020), Ketua KPU Muna, Kubais mengumumkan bahwa salah satu pasangan balon, LM Rusman Emba-Bahrun Labuta, belum memenuhi syarat.

Sementara untuk pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili (RAPI), belum disampaikan dalam rapat pleno, Senin kemarin lantaran KPU telah menunda pelaksanaan tahapan terhadap balon yang bersangkutan karena sesuatu kondisi yang menyebabkan balon tersebut belum bisa melanjutkan tahapan.

Dari sejumlah syarat calon dan pencalonan yang telah diverifikasi dan diteliti oleh KPU termasuk berkas hasil pemeriksaan kesehatan dari RS Bahteramas yang telah diterima KPU, Salah satu dokumen balon, LM Rusman Emba terjadi kesalahan pengetikan, yakni pada formulir BB2-KWK.

Kubais menegaskan, untuk balon yang belum memenuhi syarat maka wajib melakukan perbaikan berkas pada masa tenggat waktu perbaikan yakni tanggal 13-16 September.

“Yang belum memenuhi syarat dokumennya, diantarkan pada tenggat waktu yang telah ditetapkan, tanggal 14-16 September,” tegas Kubais.

Sementara itu perwakilan partai politik (parpol) pengusung pasangan balon RE-BL, La Iwe mengakui bahwa terjadi kesalahan pengetikan NIK LM Rusman Emba pada formulir BB2-KWK.

“Terjadi kesalahan pengetikan NIK pada kode kabupaten. Kita akan segera melakukan perbaikan,”timpal La Iwe. (sra/aji)

Komentar Pembaca
.