DPS Muna Capai 143.090 Orang, Terbanyak di Katobu

28

 

Yuliana Rita

 

RAHA-Tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) Muna terus berlanjut. Setelah membuka pendaftaran bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Muna tanggal 4-6 September lalu, kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna memplenokan Daftar Pemilih Sentara (DPS).

 

Hasil pleno yang digelar, Minggu (13/9) menetapkan, jumlah DPS Kabupaten Muna dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muna sebanyak 143.090 orang.

Komisioner KPU Muna, Yuliana Rita menyebutkan, dari angka 143.090 orang tersebut terdiri atas 68.427 orang laki-laki dan 74.663 orang perempuan.

 

DPS tersebut lanjut Yuliana tersebar di 22 kecamatan, dimana DPS terbanyak ada di Kecamatan Katobu yakni 17.642 orang, menyusul di Kecamatan Tongkuno sebanyak 10.387 orang dan Kecamatan Lohia sebanyak 10.168 orang.

 

Wanita berhijab ini mengungkapkan bahwa jumlah DPS Muna saat ini mengalami penyusutan jika dibandingkan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu 2019 lalu yang mencapai 145.594 orang.

 

“Jumlah DPS bisa saja berkurang karena beberapa hal. Untuk di Muna, penyusutan ini disebabkan karena banyak yang Tak Memenuhi Syarat (TMS) akibat meninggal dunia, pindah domisili dan ada yang tidak dikenali,” jelasnya.

 

DPS ini kata Yuliana akan diumumkan di setiap desa/kelurahan untuk mendapat tanggapan dari masyarakat, mulai tanggal 19 September sampai tanggal 28 September mendatang.

“Yang tidak ada namanya dalam DPS bisa melaporkan diri ke PPS dan PPK atau langsung ke help desk pelayanan KPU Muna dengan membawa serta dokumen kependudukan yang sah, karena masih terbuka ruang untuk dilakukan perbaikan DPS,” ujar Yuliana Rita. (sra/aji)

Komentar Pembaca
.