KPU Konkep Beri Waktu Tiga Hari Perbaikan Syarat Calon dan Pencalonan

122
Penyerahan dokumen syarat calon dan pencalonan oleh KPU kepada LO masing-masing Bapaslon. Foto: KARIM/Rakyat Sultra. 

 

LANGARA – Tak lama lagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) bakal menetapkan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) menjadi pasangan calon (Paslon) yang dijadwalkan pada 23 September 2020 mendatang.

 

Setelah verifikasi syarat calon dan pencalonan mengenai keabsahan empat Bapaslon yang telah mendaftarkan diri pada KPU Konkep beberapa waktu yang lalu yakni Ir H Amrullah MT dan Andi Muh Lutfi SE MM, Musdar SSos dan Ilham Jaya ST, Ir Abdul Halim MSi dan Drs Untung serta Oheo Sinapoy dan Muttaqim Siddiq, masih harus memperbaiki syarat calon dan pencalonannya.

 

Demikian yang disampaikan Kordiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu Badran SSos usai menyerahkan Berita Acara verifikasi syarat calon dan pencalonan kepada masing-masing Bapaslon.

 

“Dari empat bakal calon ini ke empat-empatnya masih ada yang harus diperbaiki tapi dokumen syarat calon dan pencalonan ini yang diperbaiki berbeda-beda. Ada yang terkait ijazah, keterangan fiskal, ada form BB1, dan ada juga yang memperbaiki SKCKnya,” bebernya.

 

Berita terkait

Makanya sesuai tahapan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang perubahan ke tiga atas peraturan komisi pemilihan umum nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

 

“Sesuai ketentuan regulasi kami memberikan kesempatan ke empat bapaslon mulai tanggal 14 sampai dengan 16 September 2020 untuk menyerahkan dokumen perbaikan. Tanggal 16 itu kan sampai jam 12 batas penyetoran dokumen perbaikan syarat calon maupun syarat pencalonan,” terangnya.

 

Makannya disampaikan kepada LO masing-masing Bapaslon untuk memperbaiki syarat calon dan pencalonan itu. Kalau toh lanjutnya masih ada Bapaslon yang tidak menyetorkan perbaikan sampai batas yang ditentukan regulasi maka konsekuensinya jelas. Tidak ditetapkan menjadi Pasangan Calon (Paslon).

“Karena tidak mungkin kita tetapkan dokumen yang tidak memenuhi syarat. Tapi saya pikir itu sangat mudah untuk dilengkapi dan itu hanya beberapa calon saja yang akan diperbaiki di Kendari seperti Ijazah dan fiskal, yang lainnya di sini,” tandasnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
.