Raih Juara 1, Duta GenRe Kota Kendari Jadi Wakil Sultra ke Tingkat Nasional

348
Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Drs Asmar menyerahkan piala dan plakat kepada pemenang Duta GenRe Sultra, Minggu (27/9/2020).

 

 

KENDARI – Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Kendari menguasai pemilihan Duta GenRe tingkat Sultra tahun 2020 yang dilaksanakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Sultra.

Pada babak final yang berlangsung Minggu (27/9) di salah satu Hotel di Kendari menempatkan duta GenRe Kota Kendari menguasai podium dengan meraih juara 1 baik putra mupun putri.

Juara 1 diraih masing-masing oleh Muh. Ridha Hidayat (Kota Kendari) untuk putra dan Syanaz Nabila Anjani (Kota Kendari) untuk putri. Sementara juara 2 masing-masing oleh Agus Fujianto (Kabupaten Kolaka) untuk putra dan Wardah Salsabila (Kota Kendari) untuk putri. Sedangkan juara 3 masing-masing adalah Ahmad Fahmi Nur (Kota Kendari) untuk putra dan Misdar Nurfaidah (Kabupaten Muna) untuk putri.

“Pemilihan Duta Genre ini diharapkan menjadi figur atau contoh atau menjadi model bagi para remaja lainnya agar menjadi generasi berencana yang berkualitas,” kata kepala BKKBN Sultra, Drs Asmar.

Dia berharap duta GenRe Sultra bisa berbicara banyak ditingkat nasional nanti. “Kita berharap mereka bisa mendapat hasil maksimal pada pemilihan duta GenRe nasional nanti,” ucapnya.

Rangkaian pemilihan Duta Genre dilaksanakan sejak Kamis (24/9/2020). Sebelum babak final pada Minggu (27/9/2020) para duta Genre perwakilan 17 kabupaten/kota se-Sultra ini menjalani karantina khusus. Mereka juga, menjalani pelatihan khusus pengenalan program-program keluarga berencana, terutama Bangga Kencana.

Menurut Asmar, untuk menjadi remaja kualitas butuh perencanaan, termasuk harus memiliki rencana kapan harus berkeluarga, pada usia berapa dan sebagainya.

“Untuk itu, para remaja terutama Duta Genre ini diharapkan mampu menunda usia perkawinannya di usia muda, dengan mempersiapkan segalanya atau dengan merencanakan perkawinan dengan matang,” katanya.

Duta Genre, kata Asmar, nantinya dituntut untuk berbagi wawasan, pengetahuan dan ikut mengedukasi remaja lainnya agar bisa terhindar dari tiga yang menyangkut kesehatan reproduksi remaja.

“Karena sebelum menularkan pengalaman kepada orang lain, seorang duta Genre harus terlebih dahulu menerapkan pada dirinya sendiri agar bisa menjadi teladan,” katanya. (aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.