Siap-siap, KPU Butur Akan Rekrut Relawan Demokrasi

15
Hasrudin

 

BURANGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur) membutuhkan relawan demokrasi sebanyak 30 orang untuk bertugas membantu KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Dalam waktu dekat ini KPU Butur akan melakukan perekrutan relawan dimaksud.

Ketua KPU Butur, Hasruddin menuturkan tugas pokok relawan demokrasi adalah membantu KPU kabupaten/kota dalam proses sosialisasi guna meningkatkan partisipasi pemilih. Sebab, salah satu keberhasilan dan tolak ukur pemilu adalah tingginya partisipasi pemilih masyarakat.

“KPU RI telah mengeluarkan surat keputusan untuk pembentukan relawan demokrasi di pelaksanaan pilkada lanjutan tahun 2020 ini. Relawan demokrasi ini pada saat pemilu-pemilu sebelumnya pernah ada, hanya kemarin di awal perencanaan anggaran tahapan KPU RI tidak memasukkan relawan demokrasi,” ungkap Hasruddin.

Berita terkait

Pembentukan relawan demokrasi beber Hasruddin, merupakan hal yang diwajibkan sebagai bagian dari tahapan sosialisasi. Perekrutan relawan itu bukan hanya dilakukan KPU Butur, akan tetapi semua KPU di tujuh daerah di Sultra yang menyelenggarakan pilkada serentak lanjutan tahun ini.

“Insyaallah perekrutan dimulai pertengahan bulan September ini. Karena dipersiapkan akan membantu KPU Butur melakukan sosialisasi dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Adapun syarat utama menjadi relawan demokrasi yaitu, terdaftar sebagai pemilih, berusia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SMA/Sederajat, berdomisili di wilayah setempat, non partisan dan sekurang-kurangnya dalam lima tahun terakhir tidak menjadi anggota di partai politik. (r3/b/aji)

Komentar Pembaca
.