Soal Permintaan Tes Darah dan Rambut, Kubais Tegaskan Prosedur Tes Narkoba Balon Mengikuti SK KPU RI

104

 

Kubais

 

 

RAHA – Sejumlah kalangan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna untuk menambah prosedur pelaksanaan tes narkoba, bukan hanya tes urine tapi ditambah dengan uji darah dan rambut bagi pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Muna yang akan mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) Muna 2020.

 

Menyikapi hal itu Ketua KPU Muna, Kubais menegaskan bahwa untuk prosedur pemeriksaan narkoba pada masing-masing balon kada, berlaku sama di seluruh Indonesia, mengikuti Surat Keputusan (SK) Ketua KPU RI Nomor 42/PL.02.2-Kpt/06/KPU/IX/2020 tentang pedoman teknis standar kemampuan jasmani dan rohani serta standar pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil walikota tahun 2020.

 

“Standar pemeriksaan narkoba bagi balon kada itu sama untuk seluruh Indonesia, sudah dijelaskan dalam keputusan Ketua KPU RI,” tegas Kubais.

 

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa terkait prosedur pelaksanaan tes narkoba ini KPU sudah meneken memorandum of Understanding (MoU) dengan BNN Sultra.

“Bagaimana standar dan prosedur pemeriksaannya, sudah kami sampaikan di BNN yang diatur oleh Keputusan Ketua KPU RI. Secara tekhnis kami sudah sampaikan, kami tinggal menunggu hasil pemeriksaan kesehatan itu tanggal 12 Septemberendatang,”tandasnya. (sra/aji)

Komentar Pembaca
.