1.000 KK di Kontunaga Mulai Nikmati Air SPAM yang Dibangun Pemkab Muna

63

 

 

Warga Kontunaga, Kabupaten Muna melakukan uji coba SPAM Kontunaga yang dibangun Pemkab Muna.

 

RAHA – Pembangunan Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Kecamatan Kontunaga akhirnya tuntas. SPAM dengan kapasitas 20 liter per detik ini sukses menjalani uji coba, kemarin disaksikan oleh Camat Kontunaga, Andi April. Hasilnya, memuaskan, air dapat mengalir dengan baik dan deras.

“Air dari SPAM Kontunaga sudah mengalir,” kata Andi April, Rabu (7/10/2020).

Andi April mengungkapkan, keberadaan SPAM ini menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Kontunaga dan sekitarnya, sebab masyarakat sudah merasakan sulitnya mendapat air bersih sejak tahun 1987.

“Ini semua terwujud atas upaya Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Ridwan Bae dan Bupati Muna, LM Rusman Emba,” kata Andi April.

Ia menjelaskan, SPAM Kontunaga dapat mengaliri 1.000 sambungan rumah tangga. Jika tak ada aral melintang, bulan Oktober ini bangunan SPAM yang menelan anggaran Rp 24 M tersebut akan diserahkan oleh Balai Pemukiman Wilayah Sultra ke Pemkab Muna.

Ridwan Bae yang kini duduk di kursi senayan juga telah menerima informasi suksesnya uji coba SPAM Kontunaga. Ia menerangkan, sedianya SPAM ini tuntas sejak bulan September, namun karena wabah pandemi Covid-19 sehingga pekerjaan tersebut sedikit mulur dari jadwal.

“Yang terpenting adalah kualitas pekerjaannya baik dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Direktur PDAM Muna, Muh. Nurhayat Fariki mengatakan, PDAM akan mengelolah SPAM Kontunaga ini setelah ada penyerahan resmi ke Pemkab Muna. Untuk bisa mengalir ke rumah-rumah warga, Pemkab Muna telah menyiapkan alokasi dana untuk pengadaan pipa tersier yang akan menyambungan jaringan pipa di rumah warga ke pipa distribusi.

“Bupati telah menyiapkan anggaran untuk pengadaan pipa tersiernya,”ucap Yayat.

Saat ini kata dia, konsultan bersama tim tehnis PDAM sedang melakukan survei di Desa Masalili, Mabodo dan Desa Bolo untuk menghitung kebutuhan pipa tersier yang akan dipasang nantinya.

Yayat menjelaskan, sumber air bersih SPAM Kontunaga berasal dari Mata Air Jompi yang ditarik menggunakan mesin ke bak penampungan di Puncak Lakude Desa Masalili dan selanjutnya disalurkan ke pipa distribusi, mulai dari tugu Desa Waara, Kecamatan Loghia sampai ke Desa Liabalano, Kecamatan Kontunaga. (sra/aji)

Komentar Pembaca
.