Kabid Pengembangan dan Keselamatan Dishub Buton Gagas Inovasi Transportasi “Satu Kata Mbaka”

23

 

Kabid Pengembangan dan Keselamatan Dishub Buton, La Ode Darwin Dimi (kiri), saat bertemu dengan Ketua DPRD Buton, Hariasi.. 

 

PASARWAJO – Sektor transportasi memiliki peranan yang cukup penting dalam meningkatkan mobilitas masyarakat, baik dari segi kepentingan umum maupun pelayanan perdagangan dan jasa.

Transportasi saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi manusia baik individu maupun kelompok, sehingga peningkatan transportasi pada setiap kota atau daerah sangat tinggi, terutama transportasi darat.

Tingginya keperluan masyarakat terhadap angkutan umum, maka permasalahan akan semakin kompleks. Olehnya itu sistem pengangkutan atau tranportasi harus ditata dan terus disempurnakan untuk menjamin mobilitas orang maupun barang dalam menjamin kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Menyadari akan hal tersebut, Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buton, La Ode Darwin Dimi, ST, M.Si menggagas sistem pengawasan pemantauan moda transportasi dan angkutan. Sistem tersebut dinamakan “Satu Kata Mbaka”.

Sistem ini merupakan rancangan proyek perubahan yang digagas La Ode Darwin Dimi sapaan akrab Wiwin untuk meningkatkan pelayanan, keselamatan pengendara serta mengefektifkan pelaksanaan tugas di lingkup kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton.

Gagasan ini pula ia lakukan, sesuai mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator yang digelar oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Sulawesi Tenggara, selama tiga bulan di Kota Kendari.

“Ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator angkatan I tahun 2020,” katanya, Senin (12/10).

Program tersebut mendapat dukungan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, La Ode Zilfar Djafar, Ketua DPRD Buton, Hariasi, Kepala Dinas Perhubungan, Nasbah, Kepala Bagian Hukum, dan para sopir pengangkutan barang di wilayah Kabupaten Buton.

Tak hanya itu, proyek Perubahan ini diharapkan dapat melahirkan payung hukum tentang keselamatan angkutan barang sesuai Standarisasi Operassional Prosedur (SOP) angkutan barang.

“Semoga pelatihan kepemimpinan yang diikuti saudara Darwin Dimi dapat bermanfaat dan diterapkan di tempat ia mengabdi,” kata Ketua DPRD Buton, Hariasi.

Ditempat terpisah, Sekda Kabupaten Buton, La Ode Zilfar Djafar meminta penggagas dari program ini untuk disosialisasikan ke masyarakat. Kata dia, Pemkab akan mendukung inovasi dari setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui anggaran.

“Memprogramkan kegiatan itu pada OPD yang bersangkutan, anggarannya akan dialokasikan sesuai kemampuan daerah,” ujarnya. (r4/b/aji)

Komentar Pembaca
.