Belum Punya KTP-el, Wajib Pilih Diminta Lakukan Perekaman KTP-el

69

 

ilustrasi

Rakyatsultra.com, BURANGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur) mengajak kepada seluruh masyarakat daerah setempat yang belum melakukan perekaman KTP-el agar segera melakukan perekaman KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Ajakan itu menyusul masih adanya wajib pilih yang diketahui belum melakukan perekaman KTP-el.

Ketua KPU Butur, Hasruddin, dalam press rilisnya menjelaskan, rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat kabupaten untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada tanggal 14 September 2020 dengan jumlah DPS sebanyak 45.331 pemilih.

Setelah Umumkan DPS, KPU Butur Tunggu Tanggapan Masyarakat

Dari data tersebut yang belum melakukan perekaman KTP-el berjumlah 1.185, sudah rekam KTP-el berjumlah 125 dan yang sudah memiliki KTP-el berjumlah 44.021.

Setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tanggal 15 Oktober 2020, tercatat jumlah DPT sebanyak 45.352 pemilih. Dari data tersebut, masih ada yang belum lakukan perekaman KTP-el berjumlah 681, sudah rekam KTP-el berjumlah 81 dan yang sudah memiliki KTP-el berjumlah 44.590.

Berita terkait

Kemudian, pasca penetapan DPT, pada tanggal 13 November 2020 berdasarkan data konfirmasi dari Dinas Dukcapil Butur, data yang belum lakukan perekaman KTP-el berjumlah 313, sudah rekam KTP-el berjumlah 25 dan yang sudah KTP-el berjumlah 45.014.

Nekat Mudik, ASN Butur Siap-siap Dapat Sanksi

Dari data 313 pemilih non KTP-el yang ada di DPT, KPU Butur dan jajarannya PPK dan PPS terus mengadvokasi agar segera melakukan perekaman KTP-el di Dinas Dukcapil sebelum pemilihan 9 Desember 2020.

Sehingga pada 9 Desember 2020, pemilih Non KTP-el yang ada di DPT sudah melakukan perekaman KTP-el dan sudah dicetakkan KTP-elnya sebagai syarat untuk bisa memilih dalam pemilihan serentak tahun 2020.

“Tentunya KPU Kabupaten Buton Utara akan selalu berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Buton Utara dan Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten Buton Utara,” ungkap Hasruddin.

Hasrudin menjelaskan, KPU Butur bersama jajarannya telah melakukan langkah-langkah termasuk menyurati langsung pemilih non KTP-el yang ada di DPT untuk melakukan perekaman KTP-el di Dinas Dukcapil dan dijelaskan pentingnya peran KTP el sebagal syarat untuk memilih dalam Pilkada serentak tahun 2020. (r3)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.