Ketua Fraksi Demokrat Desak Pemberlakuan Perda Hewan Ternak

191
Awal Jaya Bolombo

 

RAHA-Hewan ternak yang berkeliaran sudah sangat meresahkan masyarakat. Tak hanya meresahkan, keberadaan hewan ternak di jalan raya juga mengancam keselamatan jiwa para pengguna jalan. Teranyar, warga Kabupaten Muna yang berprofesi sebagai guru, La Ode Tara menjadi korban kecelakaan di jalan raya karena menabrak sapi di jalan poros Raha-Wakuru, Jumat malam (27/11/2020).

 

Hal ini memantik keprihatinan anggota DPRD Muna, Awal Jaya Bolombo, sebab peraturan daerah (perda) tentang hewan ternak di Kabupaten Muna telah ditetapkan bersama DPRD tahun 2019 lalu, namun pada kenyataannya perda tersebut belum diterapkan.

 

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Muna ini mendesak pemerintah daerah untuk segera memberlakukan Perda hewan ternak sebagai rambu bagi para peternak dalam menjalankan aktifitasnya sebagai peternak yang baik . “Pemerintah daerah harus segera menyusun petunjuk teknis (juknis) untuk pemberlakukan perda hewan ternak di Kabupaten Muna,” tandas Awal Jaya Bolombo.

 

Pria yang akrab disapa AJB ini menerangkan, dalam perda hewan ternak tersebut ada sanksi yang ditetapkan bagi para peternak yang terbukti lalai menjaga hewan ternaknya. “Ada sanksi atau denda yang bisa dikenakan kepada peternak yang membiarkan ternaknya berkeliaran. Hewan ternak harus dikandangkan. Apalagi sampai berkeliaran di jalan poros, ini sangat membahayakan pengguna jalan, tak bisa dibiarkan,”pungkasnya. (sra/aji)

Komentar Pembaca
.