Infrastruktur, SDM dan Ekonomi Bakal Jadi Perhatian Pemkab Buton Utara

44

 

Harmin Hari, Kepala Bapeda Butur . (Foto; Aljalilu/RS)

RAKYATSULTRA.COM, BURANGA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) menetapkan tiga isu strategis yang akan menjadi fokus prioritas dari pembangunan di tahun 2021 mendatang. Ketiganya yakni pemantapan pembangunan infrastruktur, peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan ekonomi dan industri lokal.

Rencana dari fokus pembangunan tersebut dikemukakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Butur, Harmin Hari.

PAW Menanti Anggota Dewan PDIP Butur

Untuk pemantapan pembagunan infrastruktur tersebut antara lain akan dititik beratkan pada perbaikan ruas jalan dan jembatan, termasuk pelabuhan Lelamo Kecamatan Kulisusu Utara dan Pelabuhan Labuan Kecamatan Wakorumba Utara (Wakorut).

“Itu akan kita permantap, bahkan di Lelamo kita akan kembangkan sampai bisa masuk kapal besar,” ungkap Harmin Hari.

Siap-siap, KPU Butur Akan Rekrut Relawan Demokrasi

Pada peningkatan sumber daya manusia, selain di lingkungan birokrasi, juga akan menyasar masyarakat. Seperti melalui pelatihan peningkatan kemampuan masyarakat melalui Balai Latihan Kerja (BLK).

 

“Melalui pelatihan-pelatihan peningkatan kemampuan masyarakat dengan melalui pelatihan BLK, dengan keahlian-keahlian dan keterampilan yang dimiliki masyarakat,” jelasnya.

Untuk pengembangan ekonomi dan industri lokal, akan menyasar sektor pertanian, perkebunan serta perikanan dan kelautan. Pada sektor tersebut, sejauh ini, Pemkab Butur sudah memulainya. Termasuk upaya meningkatkan nilai jual produk yang dihasilkan melalui pengolahan dan pemasaran, juga sudah dilakukan.

 

“Kelapa misalnya, termasuk jambu mete, pala dan komoditas perkebunan lainnya. Pemkab Butur juga fokus mengembangkan pertanian organik. Salah satu produk unggulan yang dikembangkan adalah padi ladang lokal,” bebernya.

Disektor perikanan dan kelautan, untuk pengembangan rumput laut, Pemkab Butur telah menjalin kerja sama dengan Universitas Halu Oleo (UHO) sejak tahun 2018. Salah satu produk yang dihasilkan dari kerja sama tersebut adalah bibit unggul jenis kultur jaringan.

Butur, dinilai cukup potensial mengembangkan rumput laut. Menurut hasil kajian tim peneliti UHO, laut di teluk Kulisusu, saja, sudah memiliki luas lebih dari 3000 Hektare (ha).

“Ini kita harus tingkatkan produksinya dan kita sangat potensial, sekarang kita sudah mampu kembangkan satu jenis bibit unggul yang kita sudah kembangkan melalui hasil penelitian,” imbuhnya. (Aljalilu)

Komentar Pembaca
.