Ini Enam Syarat Sekolah Bisa Tatap Muka

14

 

RAKYATSULTRA.com, KENDARI- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Sulawesi Tenggara, Drs Asrun Lio. Mhum PhD mengatakan, semua sekolah diperbolehkan menggelar pembelajaran tatap muka apabila sudah memenuhi enam syarat.

Keenam syarat itu menitikberatkan kepada dukungan sarana kesehatan untuk mencegah potensi penularan Covid-19.

“Semua sekolah hanya diperbolehkan tatap muka pada saat kita sudah memenuhi check list. Ada enam check list,” ujar Asrun Lio dalam talk showo bersama seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK, Sederajat se Sultra, Senin (30/11).

Pertama, kata Asrun Lio, yaitu masalah sanitasi dan kebersihan. Ini meliputi toilet, sarana cuci tangan, dan desinfektan.

Kedua, akses ke fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan menerapkan wajib masker, dan memiliki thermogun.

Selain itu katanya lagi, sekolah harus memastikan pemetaan warga satuan pendidikan, harus mengetahui siapa yang memiliki komorbiditas dari guru-gurunya dan muridnya, yang tidak memiliki akses transportasi yang aman dan tentunya riwayat perjalanan dari daerah dengan tingkat risiko yang tinggi.

Keenam, adanya persetujuan komite sekolah dan perwakilan orang tua wali. Tanpa persetujuan perwakilan orang tua, kata Asrun Lio, sekolah itu tidak diperkenankan untuk buka.

“Jadi enam ini adalah daftar periksa untuk memberikan kepastian bahwa sekolah itu boleh kita buka,” tegas Asrun Lio.

Asrun Lio pun menekankan, saat ini masih ada mispersepsi bahwa jika pelajaran tatap muka kembali dilakukan, maka kegiatan sekolah berlangsung seperti biasa.

“Ini tidak benar dan mohon juga dibantu disosialisasikan di masing-masing daerah bahwa kalaupun sekolah itu sudah memenuhi semua kriteria dan check list untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka, tetapi protokol kesehatan yang tepat harus masih dilaksanakan,” tambahnya.

Sebelumnya, Asrun Lio menjelaskan kebijakan membuka sekolah tatap muka baru berlaku mulai semester genap tahun ajaran 2020-2021. Sehingga, secara efektif akan diterapkan pada Januari 2021. (wan/klick)

Komentar Pembaca
.