Kadin Sultra Harus Menjadi Lokomotif Dunia Usaha di Bumi Anoa

511
Laode Alibahar Ndoasa

 

KENDARI – Sepertinya perebutan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra semakin menarik perhatian karena banyak pihak ingin Ketua Kadin Sultra nanti membawa perubahan signifikan bagi dunia usaha dan industri di Sultra.

Terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang kini banyak terseok-seok akibat pandemik dan modal usaha yang tidak ada.

Ada banyak saran dan masukan untuk Ketua Kadin Sultra yang terpilih nanti. Salah satu yang menyarankan itu adalah Laode Alibahar Ndoasa, seorang pengusaha bidang Properti di Sultra.

Mantan Direktur PT Anova Grup ini berharap Kadin Sultra ke depan harus menjadi lokomotif dunia usaha di Bumi Anoa.

Berita terkait

Anton Timbang Optimistis Pimpin Kadin Sultra

Kadin Harus Memikirkan Pelaku UMKM

“Kadin Sultra harus mampu membangun sinergitas dengan para investor yang rencana membangun industrinya di Sultra, terutama memfasilitasi para pengusaha lokal, UMKM untuk bekerja sama dengan dunia industri, ” jelasnya, Senin (21/12/2020).

Pria yang sering disapa Athar ini bilang, Kadin Sultra harus mampu menciptakan para enterpreneur-enterpreneur baru dan membangun kapasitas para pemuda agar melirik dunia usaha sebagai salah satu segmen partisipasi dalam pembangunan ekonomi.

“Kadin Sultra juga harus membangun kemitraan dengan pemerintah pusat maupun daerah termasuk memfasilitasi dunia usaha kepada pihak perbankan di Sultra dalam bentuk bantuan modal usaha dengan suku bunga rendah. Terutama pelaku UMKM yang berbasis ekonomi kerakyatan dan kearifan lokal. Sebab para pelaku UMKM hari ini banyak terseok-seok akibat minimnya perhatian dan masa pansemik membuat pendapatan mereka tergerus,” jelasnya.

Menurut Alibahar, terpenting saat ini adalah sudah saatnya Kadin Sultra dipimpin oleh pemuda. Karena pemuda katanya memiliki gairah, kreatifitas dan mampu melakukan terobosan-terobosan ekonomi, apalagi Sultra sekarang menjadi gerbang ekonomi global di mana para pelaku usaha mancanegara saat ini melirik Sultra sebagai pusat investasi,” tutupnya.

Musyawarah Provinsi Kadin Sultra bakal digelar pada 11-13 Januari 2021 mendatang. Saat ini masih dalam proses jadwal pendaftaran kandidat. Setidaknya, sampai Senin (21/12/2020) baru tiga kandidat yang mendaftar. Mereka adalah Anton Timbang, Fajar Hasan dan Harus Surahman. Mereka bakal memperebutkan 64 suara untuk menjadi ketua Kadin Sultra. (aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.