MENHUB Raih Penghargaan Sebagai Pemimpin Perubahan Dari KEMENPAN-RB

24

 

RAKYATSULTRA.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berhasil memperoleh penghargaan sebagai Pemimpin Perubahan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dan Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Lingkungan Kementerian Perhubungan. Penghargaan disampaikan langsung pada acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas 2020, yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Senin (21/12) pagi. 

 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menpan-RB Tjahjo Kumolo dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin turut menyaksikan penyerahan penghargaan tersebut secara virtual. 

 

Penghargaan tersebut diraih karena keberhasilan 14 Unit pelaksana teknis (UPT) di Lingkungan Kementerian Perhubungan, memperoleh Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Tahun 2020. Angka ini meningkat dibanding tahun 2019, dimana terdapat 12 UPT yang mendapat predikat WBK dan WBBM. 

 

“Alhamdulillah, tahun ini ada 14 unit pelaksana teknis Kementerian Perhubungan kembali memperoleh Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi. Tahun lalu ada 12 unit, jadi ada peningkatan,” kata Menhub Budi di Jakarta (21/12).

 

Ke-14 UPT yang mendapat Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi yaitu BP3IP, Direktorat Angkutan Udara, Direktorat Navigasi Penerbangan, Distrik Navigasi Makassar, Otoritas Bandara Surabaya, Otoritas Bandara Padang, Otoritas Bandara Balikpapan, KSOP Gresik, Satpel UPPKN XII Bali dan NTB, Satpel Terminal Tipe A Wilayah X Jateng dan SIY, Sesbadan Litbang, PIP Semarang, Poltekbang Medan, dan STIP Marunda. 

 

Berita terkait

Selamat Bertugas Kapolri Baru!

Rakyat Sultra Digital Edisi 28 Januari 2021

Menurut Menhub penghargaan ini menjadi cambuk bagi Kementerian Perhubungan untuk lebih lagi meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Menhub optimis ke depan jumlah UPT yang mendapat penghargaan ini akan bertambah. 

 

“Kami berkomitmen tahun depan akan lebih banyak lagi UPT di lingkungan Kementerian Perhubungan yang penghargaan ini. Kami sangat concern untuk membangun zona integritas di lingkungan Kemenhub,” ujarnya. 

 

Pada kesempatan tersebut Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menjelaskan dengan keberhasilan membangun zona integritas WBK dan WBBM diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan publik. Terlebih di era industri 4.0 masyarakat semakin menuntut pelayanan publik yang cepat, tepat, dan berkualitas.

 

“Kepercayaan publik hanya bisa diperoleh dari kerja keras dan fokus untuk menghasilkan kepercayaan publik yang sesuai dengan harapan masyarakat,” ungkap Wapres. 

 

Wapres mengatakan, partisipasi masyarakat harus dibuka seluas-luasnya dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme yang dilaksanaan dengan mentaati hukum dan nilai-nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat. Ia berharap, seluruh penyelenggara publik dapat melakukan akselerasi dan perbaikan pelayanan publik secara berkelanjutan dan berkesinambungan. 

 

Wapres juga mengingatkan kepada seluruh Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk terus berupaya mewujudkan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani. (GD/RDL/LA/JD)

 

Komentar Pembaca
.