Abaikan Maklumat Kapolri, FMPK Minta Kadin Sultra Tunda Tahapan Muswil

87
Massa aksi Forum Masyarakat Pemerhati Kesehatan Sultra saat berdemonstrasi di depan Kantor Kadin Sultra.

RAKYATSULTRA.COM, KENDARI – Forum Masyarakat Pemerhati Kesehatan Sultra meminta Panitia Musyawarah Wilayah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra agar menunda tahapan Musyawarah Wilayah (Muswil).

Seruan penundaan ini bukan tanpa sebab, pasalnya, menurut Forum Masyarakat Pemerhati Kesehatan Sultra, tahapan penjaringan Calon Ketua Kadin yang dibuka sejak 4 Januari lalu diduga mengabaikan protokol kesehatan Covid-19.

Kembalikan Formulir Calon Ketua Kadin Sultra, FH Siap Berkompetisi

Kepada media, Rabu (6/1) Koordinator Lapangan Forum Masyarakat Pemerhati Kesehatan Sultra, Zul Marhaen, mengungkapkan bahwa sejak pembukaan pendaftaran hingga pengembalian formulir pendaftaran pada 4 Januari 2021, Panitia Muswil Kadin Sultra sangat mengabaikan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

Menurutnya, hal ini melanggar keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) dan Maklumat Kaporli tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan bisa menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19 di Sultra.

“Berdasarkan temuan kami dari lembaga Forum Masyarakat Pemerhati Kesehatan Sultra bahwa dilokasi kegiatan sangat melanggar prokes yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Kami memiliki bukti-bukti berupa foto dan video selama proses pendafataran berlangsung,” cetus Zul saat melakukan aksi demonstrasi di Depan Kantor Kadin Sultra.

SC Musprov Kadin Sultra Merasa Malu Jika Ada Calon Ketua Kadin Persoalkan Uang Pendaftaran Rp 500 juta
Atas dasar ini, Zul meminta Panitia Muswil menunda atau menghentikan sementara kegiatan pelaksanaan pemilihan Ketua Kadin Sultra sampai selesai mensterilkan ruangan dan suasana yang ada.

Tidak hanya itu, ia juga mendesak Gubernur Sultra agar segera menegur panitia pelaksana Musprov Kadin Sultra yang telah mengundang kerumunan saat pelaksanaan pendaftaran calon Ketua Umum (Ketum) Kadin Sultra.

“Kami juga meminta kepada Kapolda Sultra agar dapat memproses Panitia Pelaksana Musprov Kadin Sultra yang telah melanggar protokol kesehatan dan mengabaikan Maklumat Kapolri saat tahapan pelaksanaan pendaftaran calon Ketum Kadin Sultra dengan hukum dan UU yang telah di tetapkan dan di berlakukan sajak tanggal di tetapkannya,” tegas Zul.

Sementara itu, saat ditemui, Staf Kesekretariatan Kantor Kadin Sultra, Rasidman, menuturkan bahwa segera menindaklanjuti apa yang menjadi aspirasi massa dari Forum Masyarakat Pemerhati Kesehatan Sultra dan akan menyampaikannya terlebih dulu kepada panitia umum.

“Terkait apa yang menjadi tuntutan teman-teman hari ini tetap kami terima, namun untuk sepenuhnya apa yang menjadi tuntutan ini kami laporkan ke panitia karena kami dari sekertariat tidak bisa mengambil keputusan,” pungkas Rasidman. (r6/p2)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.