Dr. H. Moh. Hatta Alwi Hamu, Resmi Dilantik Jadi Rektor Baru IBK Nitro

35


RAKYATSULTRA.COM, MAKASSAR – Dr H Moh Hatta Alwi Hamu,  resmi dilantik menjadi Rektor Institut Bisnis dan Keuangan Nitro (IBK Nitro) Periode 2021-2025,  menggantikan Prof Marsuki yang kini menjadi Komisaris Independen di Bank Sulselbar. Pelantikan yang berlangsung di Ballroom Edelweis Unifa Nitro tersebut, disaksikan langsung Chairman Fajar Group, HM Alwi Hamu via daring. Sejumlah pimpinan perguruan tinggi dan perwakilan pimpinan perbankan juga turut hadir. Rabu (27/1/2021).

 

Seremoni pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan Fajar, M. Ridwan Arif. Dalam sambutannya, M Ridwan Arif mengatakan, sebelum menetapkan Moh Hatta sebagai rektor, ada proses yang harus dilalui. Dimulai dari penjaringan oleh senat akademik. Kemudian nama yang dianggap layak diusulkan kepengurus yayasan.

 

“Jadi ada fit and propert test jugakami melihat track recort. Hasilnya memang sangat layak,” ujarnya, sebelum acara pelantikan.

Dr H Moh Hatta Alwi Hamu dilantik menjadi Rektor IBK Nitro menggantikan Prof Marsuki DEA di Ballroom Unifa, Rabu, 27 Januari.

Menurut Ridwan, banyak pertimbangan secara profesional sehingga mengangkat Moh Hatta sebagai rektor. Misalnya secara akademik, beliau adalah sebagai tenaga pendidik menyelesaikan studi doktor tepat waktu. Lalu, memiliki kemampuan mengelola organisasi perguruan tinggi sebab pernah menjabat sebagai Direktur Akademi Pariwisata FAJAR. Ada pula pertimbangan kepemimpinan. Moh Hatta sudah pernah menduduki banyak jabatan, mulai dari Komisaris dan Direktur di FAJAR Grup.

 


Selanjutnya, Moh Hatta, memimpin beberapa asosiasi dan komunitas terkait pendidikan. Misalnya Ketua Masappe dan Ketua Pemerhati Pendidikan Anak. Artinya, lanjut M Ridwan, komitmen Moh Hatta dalam memajukan pendidikan sangat tinggi. Apalagi dalam tiga tahun terakhir merupakan Dosen di Unifa dan Dosen Pengampuh Mata Kuliah.

 

“Berdasarkan hasil pemantauan di lapangan, mahaiswa sangat puas dengan metode belajar beliau. Pak Moh Hatta ini orang sibuk tapi masih mau meluangkan banyak waktu untuk dunia pendidikan. Saya ucapkan selamat ya,” jelasnya.

 

Sementara itu, secara virtual, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Fajar, H.M. Alwi Hamu, mengucapkan selamat ke Moh Hatta yang telah dilantik sebagai Rektor IBK Nitro. Ia berharap Moh Hatta, bekerja maksimal dalam memajukan institut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama membesarkan yayasan hingga seperti saat ini.

 

“Selamat buat Moh Hatta atas pelantikan ini. Jalan tugas sebaik-baiknya,” ujar Chairman Fajar Group HM Alwi Hamu.

 

Moh Hatta, didampingi istri mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Ia mengaku amanah ini tidak ringan dan akan bekerja semaksimal mungkin demi memajukan IBK Nitro sesuai cita-cita para pendiri. Hatta juga mengucapkan terima kasih kepada Prof H Marsuki DEA Ph.D yang telah memberikan banyak kemajuan selama menjabat menjadi rektor.

Dalam visinya , Moh Hatta akan menjadikan Nitro pusat pendidikan bisnis dan perbankan. Hosting Unlimited Indonesia,”Dalam menjalankan visi itu ada tiga hal itu, yaitu penguatan tridarma perguruan tinggi. Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat akan jadi fokus kita nanti,” ujar Hatta memaparkan, di masa kepemimpinannya ia akan mendorong mahasiswa memiliki kepribadian yang unggul. Penekanannya pada pembentukan karakter yang dimulai dari iman dan takwa.

 

“Apalagi ada kebijakan Kemendikbud membolehkan kampus membuat kurikulum sesuai kebutuhan pasar. Inilah salah satu penerapan kampus merdeka dan merdeka belajar nanti,” terangnya.

Acara pelantikan Rektor Periode 2021-2025 berlangsung secara khidmat, dan semua peserta yang hadir tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku demi menjaga keselamatan ditengah Pandemi Covid-19 yang ada saat ini.  (P2)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.