Pemkab Muna Hibahkan Lahan, Samsat Segera Bangun Kantor

36
Syukur Alwan

 

RAHA – Pemerintah Kabupaten Muna akhirnya resmi menghibahkan sebidang lahan seluas 1.081 meter persegi kepada UPTB Samsat Muna. Proses hibah tersebut terjadi setelah melalui persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna melalui rapat paripurna yang dihadiri oleh Plh Sekda Muna, Ali Basa, Senin (11/1/2021). Semua fraksi di DPRD Muna menyatakan, setuju untuk dilakukan hibah.

Saat ini UPTB Samsat Muna menempati gedung eks Kantor Perkebunan Kabupaten Muna di Jl Kelinci Kelurahan Raha Tiga Kecamatan Katobu dengan kondisi ruangan dan gedung yang kurang representatif.

Ali Basa mengatakan, hibah lahan itu direalisasikan untuk memaksimalkan proses pelayanan publik khususnya pelayanan pembayaran pajak dan surat-surat kendaraan bermotor. Hal ini pula kata dia merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dalam hal pelayanan publik.

UPTB Pemprov Samsat Muna merupakan salah satu instansi di bawah kendali Dinas Pendapatan Pemprov Sultra yang melakukan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Ali Basa berharap, hibah ini dapat menjadi energi baru bagi Samsat Muna dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah.

Kepala Samsat Muna, Syukur Alwan menyambut positif hibah tersebut. Ia mengatakan, sudah saatnya Samsat membangun gedung yang representatif untuk memberi kemudahan dan kenyamanan dalam hal pelayanan.

Sedianya, tahun 2019 laku Pemprov telah mengalokasikan anggaran Rp 1,8 M untuk pembangunan gedung kantor, namun anggaran tersebut tak bisa diserap karena terkendala hibah lahan. Jika tak ada aral melintang, tahun 2021 ini anggaran pembangunan gedung Samsat Muna sudah bisa dialokasikan kembali. (sra/aji)

Komentar Pembaca
.