Penetapan Pemenang Pilkada Konkep Tunggu Hasil Sidang MK

469
Iskandar Azis

 

LANGARA – Sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) masih bergulir setelah Mahkamah Konstitusi (MK) meregistrasi gugatan pasangan calon (Paslon) Oheo – Muttaqin dengan registrasi perkara bernomor : 07/PHP.BUP-XIX/2021.

Terkait hal itu Ketua KPU Konkep Iskandar Aziz saat dikonfirmasi via selular, Minggu (24/1/2021) mengatakan pleno penetapan calon terpilih pada Pilkada tahun 2020 masih menunggu putusan inkrah dari MK.

“Masih jauh kalau penetapan pasangan calon terpilih. Penetapan pasangan calon terpilih akan dilaksanakan bila mana tidak ada lagi sengketa di Mahkamah Konstitusi,” jelasnya.

Berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang tahapan dan jadwal bahwa pasangan calon terpilih ditetapkan jika terjadi sengketa harus menunggu hasil putusan inkrah dari MK melalui penyampaian KPU RI.

“Nanti MK yang menyampaikan ke KPU RI, kami menunggu petunjuk dari KPU untuk melaksanakan pleno penetapan,” katanya.

Ditanya terkait jadwal sidang, Iskandar menyebut bahwa jadwal sidang pendahuluan akan dilaksanakan pada 27 Januari 2021 dengan agenda sidang pembacaan permohonan pemohon. Setelah itu pembacaan jawaban termohon, pihak terkait, dan pemberi keterangan dari Bawaslu itu akan dilaksanakan tanggal 2 sampai dengan 11 Februari 2021.

“Hasil sidang pendahuluan akan dibacakan pada 15 sampai dengan 16 Februari 2021. Jika ditolak maka kami diberikan waktu lima hari untuk melaksanakan pleno penetapan,” urainya.

Jika diterima sambung Iskandar maka sidang MK akan dilaksanakan pada bulan Maret 2021.

“Jadi putusan final di MK akan dibacakan pada 24 sampai tanggal 29 Maret, nanti setelah itu baru dilaksanakan sidang pleno penetapan pemenang Pilkada Konkep tahun 2020,” tandasnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.