Temui Menparekraf, Bupati Muna Bahas Pembangunan Pariwisata

116

 

Bupati Muna, LM Rusman Emba dan Menparkref, Sandiaga Uno

 

RAHA-Kendati program pembangunan bidang pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif yang dikemas dalam konsep Mai Te Wuna (Mari Kunjungi Muna) belum mendulang sukses.

Namun Bupati Muna, LM Rusman Emba tetap konsisten untuk menyukseskan program yang ia cetuskan untuk menjadi ‘magnet’ wisatawan mengunjungi Kabupate Muna.

Salah satu bukti konsistensi dan keseriusannya menyukseskan program tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Muna ini menemui Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Meparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, Senin (25/1/2021) di Jakarta. Salah satu pokok agenda pertemuan itu adalah membahas pembangunan pariwisata di Kabupaten Muna.

Dihadapan Sandiaga Uno, Rusman memaparkan konsep Mai Te Wuna. Mantan senator DPD RI ini menjelaskan, program Mai Te Wuna merupakan konsep untuk memperkenalkan potensi pariwisata dan ekonomi kerakyatan yang tumbuh di Kabupaten Muna.

Terkait potensi wisata alam, Muna pernah menyelenggarakan festival Pantai Meleura tahun 2017 dan banyak mendapat respon kunjungan dari para wisatawan, salah satunya dari Negara Kenya.

Demikian pula dengan pengembangan ekonomi kerakyatan, karya kerajinan masyarakat seperti Tenun Masalili telah dikenal luas dan sudah menembus mancanegara, salah satunya tampil di ajang Festival fashion kelas dunia di Moscow, Rusia.

Untuk membangun sektor pariwisata Kabupaten Muna kata Rusman, tak cukup hanya mengandalkan APBD tapi butuh perhatian khusus dari pemerintah pusat.

“Kita berharap, kedepan pemerintah pusat punya perhatian khusus terhadap pembangunan pariwisata Kabupaten Muna. Tentunya pemerintah daerah juga akan terus menggenjot pembangunan sektor pariwisata yang ada sehingga Muna bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang patut diperhitungkan oleh dunia,”kata Rusman.

Pemaparan Rusman mendapat respon positif dari Sandiaga Uno. Dalam rekaman vidoe yang diterima Rakyat Sultra, Sandiaga mensuport kesuksesan program Mai Te Wuna. “Kita akan bantu, termasuk pengembangan desa wisata,”pungkas mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini. (sra/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.