Besok, KPU Akan Tetapkan Pasangan BerAMAL sebagai Pemenang Pilkada Konkep

327
Iskandar Aziz

 

LANGARA – Setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk tidak memproses lebih lanjut gugatan pasangan calon (Paslon) Muh Oheo Sinapoy – Muttaqin Siddiq berakronim Ombak pada 15 Februari lalu, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Ir H Amrullah MT dan Andi Muh Lutfi SE MM akhirnya segera ditetapkan menjadi pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konkep.

Ketua KPUD Konkep Iskandar Aziz, via WhatsApp saat dikonfirmasi, Rabu (17/2/2021) mengatakan bahwa rencananya pleno penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Konkep Tahun 2020 akan digelar 18 Februari 2021.

“Besok malam kami akan pleno penetapan pasangan terpilih pukul 19.30 WITA di Aula SMPN 1 Langara,” bebernya.

Penetapan Paslon itu kata Iskandar merujuk pada surat salinan ketetapan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor : 4.07/PAN.MK/PSPK/02/2021 perihal penyampaian salinan ketetapan yang diterima KPUD Konkep pada hari Selasa 16 Februari 2021.

“Sesuai ketentuan PKPU Nomor 5 Tentang tahapan dan jadwal bahwa penetapan pasangan calon terpilih pasca putusan Mahkamah Konstitusi paling lama 5 hari setelah salinan penetapan, putusan dismisal atau putusan Mahkamah Konstitusi diterima KPU,” jelasnya.

Mengenai pleno penetapan pemenang Pilkada sambungnya dilaksanakan secara terbuka dengan memperhatikan protokol kesehetan sesuai PKPU Nomor 19 Pasal 54.

“KPU/KIP Kabupaten Kota menetapkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri oleh, Calon Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta Partai Politik dan Gabungan Partai Politik,” urainya.

Soal adminitrasi lanjut kader HmI itu, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konkep. “Dokumennya sudah siap,” tandasnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.