BLK Kendari Siapkan 73 Paket Pelatihan Tahun Ini

102

 

Dr La Ode Haji Polondu. Foto: Herdi/Rakat Sultra.

 

 

KENDARI- Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menyiapkan 73 paket pelatihan ditahun ini bagi calon percari kerja.

Hal ini ketahui, usai Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Prov Sultra), Ali Mazi membuka secara resmi Pelatihan Berbasis Kompetensi Institusional Non Boarding Tahap I, Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, baru-baru ini.

Tercatat ada sebanyak 128 calon pencari kerja tahap I ini mengikuti pelatihan yang tersebar di delapan kompetensi jurusan yakni Surveyor, Pengelolaan Admnistrasi Perkantoran, Computer Operator Asistant, Desain Grafis, Asisten Pembuat Pakaian, Teknisi Hanphone, Menjahit Pakaian Wanita dan Tata Kecantikan Kulit.

Sedangkan untuk tahun ini, balai yang berada di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI ini menyiapkan 73 paket pelatihan dan menyasar 1.168 orang calon pencari kerja.

Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu mengungkapkan, pelatihan yang dilaksanakan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga kerja terampil dan kompeten sesuai kebutuhan industri, sehingga mampu mengisi lowongan kerja yang ada di industri atau membuka lapangan pekerjaan ataupun usaha mandiri.

“Ini bertujuan memberikan pelatihan sikap mental kepada para peserta pelatihan, mengembangkan program pelatihan kerja yang berorientasi pada kompetensi. Kemudian, meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja dalam berbagai keahlian dan keterampilan sesuai kejuruan masing-masing. Termasuk, melaksanakan salah satu tupoksi BLK Kendari dalam menekan angka pengangguran melalui pelatihan PBK,” bebernya.

Ia mengaku, di tahun ini pihaknya, menjadwalkan melatih 1.168 orang calon pencari kerja melalui 73 Paket Pelatihan yang terdiri atas 50 Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi Institusional Non Boarding, 3 Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi Institusional Boarding dan 20 Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional.

“Olehnya itu melalui kesempatan ini mohon kiranya agar pertemuan ini dijadikan momen untuk meningkatkan link and match antara BLK Kendari dan stakeholder serta dunia industri dan usaha untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang pada akhirnya bermuara pada tercapai nya cita-cita bersama untuk memajukan pembangunan dan mengurangi angka pengangguran Sultra,” pungkas La Ode Haji Polondu. (r6/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.