Bupati Buteng Resmikan Pasar Sentral Kabupaten

94

 

Bupati Buteng Samahuddin berfoto bersama jajarannya, usai meresmikan pasar kabupaten di Desa Teluk Lasongko, Kecamatan Lakudo, Senin (22/2/2021). Foto: Awal/Rakyat Sultra

 

LABUNGKARI – Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di beberapa kecamatan, Bupati Buteng H Samahuddin meresmikan Pasar Sentral Kabupaten di Desa Teluk Lasongko, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buteng, Senin (22/2/2021) pagi.

Pasar dengan luas 4,9 hektare tersebut kini telah berdiri beberapa unit bangunan yang diberi nama pasar rakyat Lakudo 1, pasar rakyat Lakudo 2 dan pasar rakyat Lakudo 3.

Bupati Buteng Samahuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa pasar Kabupaten Buteng dibangun menggunakan anggaran pusat sebesar Rp19 miliar lebih.

“Hari ini kita sudah nikmati pasar kabupaten yang terletak di Teluk Lasongko, Kecamatan Lakudo. Ini anggaran pembangunannya Rp19 miliar lebih,” kata Samahuddin, Senin (22/2/2021).

Untuk itu, Samahuddin menjelaskan dengan hadirnya pasar tersebut tak terlepas dari komitmen dirinya untuk membangun Buteng kearah yang lebih baik lagi.

Lebih lanjut, untuk mendatangkan pasar ini, bukanlah perkara yang gampang. Dibutuhkan bupati dan kadis yang gesit agar semua tercapai.

“Kalau bupatinya tidur tidur saja lalu tunggu tunggu terima gaji, apalagi hanya duduk sambil menunggu apa yang mau ditanda tangani, itu anggaran tidak akan datang apalagi itu dari pusat dan Buteng tidak akan maju seperti ini,” ujarnya.

“Makanya, kemarin saya panggil kadis Perindag saat itu Asrarudin untuk mencari dan membawa program itu dan sekarang sudah selesai dikerjakan,” tambahnya.

Ditempat terpisah, kadis Perindustrian dan Perdagangan Buteng, Usman Mbolosi, saat dikonfirmasi terkait jumlah anggaran pembangunan pasar kabupaten mengatakan bahwa pembangunannya nyaris menelan anggaran Rp 20 miliar yaitu sebesar Rp. 19.850.000.000.

Ia berharap dengan hadirnya pasar kabupaten akan mampu mendongkrak perekonomian daerah.

“Pasar itu kan terletak Labungkari sebagai jantung ibu kota, pusat pemerintahan. Jadi, kedepan itu juga akan menjadi pusat ekonomi,” pungkasnya.

Diketahui, pembangunan pasar Kabupaten Buton Tengah telah diresmikan. Pasar tersebut terdiri atas beberapa unit bangunan dengan rincian 142 kios serta 490 los.

Untuk saat ini, semua los tersebut belum terisi penuh sebab menurut informasi yang dihimpun salah satu alasan belum terisinya akibat baru diresmikan. (cr3/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.