CPNS Koltim Jalani Orientasi

40

 

 

Plh. Bupati Koltim, Eko Santoso Budiarto saat memakaikan ID Card kepada salah satu peserta. Foto: Iwal/Rakyat Sultra.

 

TIRAWUTA – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Eko Santoso Budiarto, membuka secara resmi kegiatan orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019, di Aula Pemda Koltim, Senin (22/2/2021). Kegiatan juga dihadiri sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam sambutannya, Plh. Bupati menyampaikan bahwa orientasi ini merupakan tahap percobaan dengan bobot nilai 20 persen dari nilai pelatihan dasar yang akan diikuti di Badan Diklat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) nantinya.

Eko Santoso juga mengungkapkan, kegiatan orientasi ini bertujuan untuk menerapkan sistem merit guna menghasilkan PNS berkualitas, profesional, dan berintegritas, dalam membantu menjalankan roda pemerintahan daerah.

“Saya percaya CPNS disini merupakan putra putri pilihan terbaik yang telah melewati tahapan seleksi ketat. Saya juga yakin semuanya dapat melewati tahapan tersisa untuk menjadi PNS. Namun kalian harus dapat menyesuaikan dengan cepat, karena banyaknya tugas dan cita-cita mulia yang harus dilaksanakan,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, ia mengingatkan jika daerah ini membutuhkan tenaga dan pikiran para CPNS ini, sehingga jangan ada lagi yang mengajukan permohonan pindah wilayah apabila sudah resmi terangkat sebagai PNS lingkup Pemda Koltim, sebagaimana surat pernyataan yang telah disepakati yakni paling sedikit 10 tahun mengabdi untuk daerah.

Sementara itu, Kepala BKPSDM, Abraham menyampaikan bahwa peserta orientasi ini berjumlah 191 orang, terdiri dari 99 tenaga guru, 6 tenaga kesehatan, dan 86 tenaga teknis.

Orientasi mengangkat tema “Penguatan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan transparan melayani masyarakat”. Kegiatan dilaksanakan selama lima hari, mulai 22 hingga 26 Februari, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat.

“Materi dalam kegiatan ini yakni selayang pandang Pemda Koltim, overview kebijakan penyelenggaraan orientasi, penilaian kinerja aparatur dan penguatan kompetensi teknis bidang tugas CPNS, disiplin dan kode etik, MTSL materi administrasi tata naskah dan perencanaan program kegiatan, serta peraturan baris berbaris,” terang Abraham.  (p1/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.