Dit Intelkam Polda Sultra Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

91
Dit Intelkam Polda Sultra Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

RAKYATSULTRA.COM. KENDARI – Semangat dan kesungguhan begitu dirasakan dalam suasana Deklarasi Pencanangan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Direktorat Intelkam Polda Sultra.

Deklarasi ditandai dengan penandatanganan komitmen oleh Direktur Intelkam Polda Kombes Pol Suswanto, S.I.K., M.Si. bersama sederet stakeholder terkait diruang serbaguna DIT Sabhara Polda Sultra. Kamis (11/2/2021).

 

Pencanangan pembangunan Zona Integritas Direktorat Intelkam Polda Sultra disaksikan oleh Irwasda Polda Sultra Kombes Pol Yun Imanullah,S.I.K, Karo Rena Polda Sultra Dra. Yulia Agusti Selva, Ketua Nahdlatul Ulama Sultra H. Muslim, Ketua Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra Masyhur Masie Abunawas, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Mastri Susilo, Direktur Media Cetak Harian Rakyat Sultra H. Abdul Haliq, Kemenag Sultra, Serta seluruh jajaran Direktorat Intelkam Polda Sultra.

Direktur Intelkam (Dir Intelkam) Polda Sultra Kombes Pol Suswanto, S.I.K., M.Si.

Direktur Intelkam (Dir Intelkam) Polda Sultra Kombes Pol Suswanto, S.I.K., M.Si,  dalam sambutannya mengatakan, bahwa pencanangan ZI menuju WBK merupakan wujud dari kesungguhan institusi Polri secara umum dan khususnya Polda Sultra dan Direktorat Intelkam Polda Sultra menuju  Zona Integritas WBK dan WBBM  untuk melayani Masyarakat.

 

“ Oleh karena itu, inilah langkah awal kita dalam rangka implementasi dan komitmen yang kuat untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Dit Intelkam Polda Sultra,” ucapnya.


Lanjut Kombes Pol Suswanto, menuturkan, bahwa untuk kesekian kalinya Zona Integritas (ZI) WBK dan WBBM tidak hanya ada di Polda Sultra, tapi diseluruh Kepolisian RI termasuk di tingkat Mabes Polri hingga di kewilayahan. Kata dia, Polri sebagai aparat penegak hukum memberikan penjagaan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat. Kemudian, memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada Masyarakat. Sebagaimana amanah UU no 2 tahun 2002 dan kementerian lembaga dimana salah satu dari visi Presiden RI Joko Widodo untuk memberantas KKN di Indonesia.


” Itulah implementasi penjabaran program dari pemerintah yang dilaksanakan oleh Polri dan juga dilaksanakan oleh Direktorat intelkam Polda Sultra. oleh karena itu dengan pencanangan ini awal dari kita menjadikan Dit Intelkam Polda Sultra menjadi Zona Integritas, wilayah bebas korupsi dan wilayah bebas bersih melayani,” jelas Suswanto.


Perwira Polri tiga melati itu mengajak, kepada seluruh personil Dit intelkam Polda Sultra untuk mendukung dan menjaga kebersamaannya serta komitmen untuk tetap berjuang merubah diri, merubah lingkungan kerja dan bersama sama komitmen memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya.

 

Tujuannya jelas, tak hanya memperoleh predikat Zona Integritas WBK dan WBBM, tapi juga secara implementatif menjadikan Satker Dit Intelkam Polda Sultra bebas korupsi dan semakin baik dalam pelayanan publik sesuai tugas dan fungsi pokoknya.

” Mari kita komitmen, mari kita melakukan hal hal yang bisa menjadikan Zona integritas WBK/WBBM di Dit Intelkam Polda Sultra,” ajaknya

 

Sekadar diketahui , Zona Integritas (ZI) di lingkungan Polri adalah predikat yang diberikan kepada Polri yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik mulai dari Kapolri dan jajarannya

Sementara itu, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi syarat indikator hasil WBK dan memperoleh hasil penilaian indikator proses di atas 75 pada ZI yang telah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WDP) dari BPK atas laporan keuangannya. (P2)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.