DKP Mubar Akan Salurkan 16 Unit Bantuan Perahu Fiberglass kepada Nelayan

23
H La Djono

 

LAWORO – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Muna Barat (Mubar) bakalan kembali menyalurkan bantuan perahu terhadap nelayan. Bantuan perahu jenis fiberglass berkapasitas 3 Gross Tonase (GT) ke atas itu, sebanyak 16 unit untuk 16 kelompok. Tentunya, itu demi menunjang peningkatan produktifitas hasil tangkapan masyarakat pesisir.

Kadis DKP Mubar, La Djono mengatakan, bantuan perahu nelayan itu, bakalan difokuskan pada daerah pulau Tiworo. Apalagi, masyarakat disana, mayoritas melaut. Makanya, distribusi bantuan perahu, diporsikan bagi kelompok keluarga, satu kelompok satu unit.

“Tahun 2021 ini, kita kebagian 16 unit perahu fiber. Anggarannya itu lewat APBD. Kita tetap fokus pada masyarakat pulau. Karena, pengadaannya lewat usulan masyarakat,” kata Kadis DKP, H La Djono, via selulernya, Kamis (25/2/2021).

Distribusi bantuan perahu, kata La Djono, masih sama dengan bantuan tahun lalu. Masing-masing kelompok mendapatkan satu unit yang dilengkapi dengan alat tangkap berupa jaring ikan yang ramah lingkungan. Hanya saja, bantuan ini, bisa dibatalkan kalau terjadi refocusing anggaran.

“Yang kita takutkan ini, jangan sampai ada refocusing anggaran. Karena, DAU kita terpangkas 12 persen. Kalau tidak ada refocusing, bisa saja alat tangkapnya jaring hanyut. Tapi mudah-mudahan bisa terealisasi,” katanya.

La Djono berharap, bantuan yang diberikan pemerintah ini, bisa menunjang taraf kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi. Sebab, target utama adalah meningkatkan hasil tangkap.

“Artinya, semula itu hasil tangkap hanya bisa dikonsumsi keluarga saja, dengan adanya bantuan perahu, hasil tangkapannya bisa dipasarkan. Insya Allah, realisasi bantuannya bisa dilakukan dalam waktu dekat,” pungkasnya.  (m1/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.