Gubernur Sultra-Menaker Sepakat Ubah BLK Kendari Menjadi Balai Besar Pelatihan Vokasi Internasional

57

 

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH. saat bertukar cenderamata dengan Menteri Ketenagakerjaan RI Dr Hj Ida Fauziyah MSi, di Kantor Kemenaker RI, Kamis (18/02/2021).

 

KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH. dan Menteri Ketenagakerjaan RI Dr Hj Ida Fauziyah MSi sepakat dan memiliki komitmen yang sama mengembangkan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari serta peningkatan status BLK Kendari menjadi Balai Besar Pelatihan Vokasi Internasional (BBPVI) Sulawesi Tenggara.

Hal ini diketahui saat Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, memulai kunjungan kerja resminya ke sejumlah kementerian dan lembaga di Jakarta, Kamis (18/02/2021).

Dimana, orang nomor satu di bumi anoa itu memulai kunjungannya ke Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan bertemu langsung dengan Menteri Ketenagakerjaan RI Hj Ida Fauziyah.

Dalam kunjungannya ini, Gubernur Ali Mazi didampingi oleh Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu, Asisten I Setda Provinsi Sultra Basiran, Kepala Bappeda Provinsi Sultra J. Robert Maturbongs.

Kemudian, ada Plt. Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi Sultra La Ode Muhammad Ali Haswandy, Kepala Dinas Dikbud Provinsi Sultra Asrun Lio dan Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sultra La Ode Kardini.

Sedangkan Menteri Ida Fauziyah didampingi oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas) Budi Hartawan, Staf Khusus Menaker Caswiyono Rusydie Cakrawangsa, Plt. Direktur Lemlat Ditjen Binalattas Hery Budoyo dan Anggota Tim Asistensi Menaker Bowo.

Di hadapan Menteri Ida Fauziyah, Gubernur Ali Mazi menyatakan dukungan penuh pada program Kemenaker RI terkait peningkatan sumber daya manusia melalui skema transfer of knowledge (alih pengetahuan) yang selama ini diperjuangkan Menteri Ida Fauziyah melalui kementerian yang dipimpinnya.

Menurutnya, perubahan status dan peningkatan kelas BLK Kendari menjadi Balai Besar Pelatihan Vokasi Internasional dipandang penting untuk mempersiapkan SDM Sultra dan Kawasan Timur Indonesia menghadapi era industri teknologi tinggi yang sedang dipersiapkan dan akan segara diberlakukan.

Kini, pemprov merespon kepentingan tersebut dengan menyiapkan lahan dan menghibahkan tanah milik Pemprov Sultra kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk menjadi lahan Pembangunan Balai Besar Pelatihan Vokasi Internasional (BBPVI) Sulawesi Tenggara seluas 4,5 hektar di dalam Kota Kendari yang terletak di Jalan D.I. Panjaitan Nomor 222 Kendari dan berbatasan langsung dengan lokasi BLK Kendari saat ini.

“Sejumlah perusahaan strategis yang kini beroperasi di Sulawesi Tenggara atas dukungan Ibu Menteri, maka sehubungan dengan realitas yang dicanangkan ini, kita diperhadapkan dengan tantangan bagaimana melatih masyarakat menjadi calon tenaga kerja trampil yang bisa menetrasi kasawan-kawasan industri yang sedang berjalan dan yang akan didirikan. Hal seperti ini memerlukan intervensi Kementerian Ketenagakerjaan berupa kebijakan penggunaan Tenaga Kerja Lokal Binaan BLK Kendari,” ujar Ali Mazi kepada Menteri Ida Fauziyah.

Diketahui, lahan yang dipersiapkan oleh Pemprov Sultra untuk pembangunan BBPVI Sulawesi Tenggara tersebut berada tepat di tengah Kota Kendari dan berhadapan langsung dengan Mapolresta Kendari. Selain strategis, juga memiliki tingkat keamanan maksimal.

Itikad baik dan luar biasa Gubernur Ali Mazi tersebut direspon positif oleh Menteri Ida Fauziyah dengan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Gubernur Ali Mazi atas awareness (kesadaran) dari Pemprov Sultra untuk bersinergi program dalam pembangunan ketenagakerjaan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Saya senang sekali, sebagai menteri, saya gembira jika ada kepala pemerintahan di daerah, seperti Pak Gubernur Ali Mazi yang memiliki awareness yang luar biasa, juga high commitment

dan political will bagi pembangunan ketenagakerjaan. Itulah yang kami tunggu dan ini sangat menggembirakan dan membanggakan,” terang Menteri Ida Fauziyah.

Dikesempatan ini, Ali Mazi menyerahkan dua surat Gubernur Sultra kepada Menteri Ida Fauziyah, yaitu tentang persetujuan hibah tanah aset milik daerah Pemerintah Provinsi Sultra dan surat gubernur tentang dukungan peningkatan status BLK Kendari menjadi Balai Besar Pelatihan Vokasi Internasional (BBPVI) Sulawesi Tenggara.

Pertemuanpun diakhiri dengan sesi foto bersama dan saling memberikan cinderamata dengan disaksikan oleh para pejabat Kemenaker RI dan beberapa pejabat Pemprov Sultra. (r6/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.