IKA PMII Muna Dukung Rekonsiliasi Pasca Pilkada Muna

241

 

Amiruddin Ako

 

RAHA – Ajakan rekonsiliasi Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih, Laode Muhammad Rusman Emba, ST dan Drs H Bachrun, M.Si terhadap pasangan LM. Rajiun dan H La Pili, mendapat dukunga dari Ketua Ikatan Alumni PMII Kabupaten Muna, Amiruddin Ako.

Ia mengatakan, ajakan tersebut sebagai langkah positif yang harus didukung oleh semua pihak. Ia menilai, ajakan itu bermakna bahwa pembangunan Kabupaten Muna harus dilakukan oleh semua komponen masyarakat tanpa melihat sekat politik yang terbangun selama proses pilkada Muna yang berlangsung cukup sengit dan menegangkan.

“Ajakan rekonsiliasi menunjukan sikap kenegarawanan bapak LM Rusman Emba. Ajakan ini baik dan harus didukung oleh seluruh masyarakat Muna,” nilainya.

Menurutnya, proses rekonsiliasi mesti berkualitas sehingga memiliki daya ungkit untuk mencairkan suasana yang sempst menegang.

“Artinya, rekonsiliasi tak hanya terjadi di tataran elit, tapi harus diikuti sampai di akar rumput, sehingga hasil rekonsiliasi ini tidak semu,” bebernya.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi memerlukan investasi, dan investasi memerlukan jaminan stabilitas politik dan keamanan serta kepastian hukum.

“Maka ide rekonsiliasi ini sangat tepat untuk memulihkan kembali hubungan silaturahmi dan hubungan sosial yang sempat terkoyak akibat perbedaan sikap dan pandangan politik selama proses pilkada berlangsung,” ucapnya

Berakhirnya kontestasi politik ini kata dia maka akan menjadi tugas bupati terpilih untuk mewujudkan visi misi yang disampaikan dalam kampanye Pilkada.

“Faktor terpenting adalah bagaimana strategi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi,” ucapnya.

Lanjutnya, Pemkab perlu fokus untuk menggarap sektor ekonomi yang berpotensi meningkatkan pendapatan daerah melalui Penataan pasar Laino, terminal pelabuhan rakyat Laino dan pembangunan terminal tipe C, digitalisasi produk unggulan desa, peningkatan keterampilan masyarakat melalui pembangunan BLK baik yang dikelola masyarakat maupun pemerintah daerah. (sra/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.