KAHMI Mubar Dorong Rekonsiliasi Pascapilkada Muna

Rusman-Bachrun Diharap Jadi Tokoh Sentral Proses Rekonsiliasi

493
Ketua dan Sekretaris KAHMI Mubar, Zahrir Baitul dan Munawir Dio (baju putih).

RAHA-Pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muna tahun 2020 telah usai dengan ditetapkannya Laode Muhammad Rusman Emba,ST dan Drs H Bachrun,M.Si sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih pada Ahad (21/2/2021).

Pascapenetapan paslon terpilih oleh KPU Muna, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Majelis Daerah (MD) Muna Barat (Mubar) langsung menyuarakan rekonsiliasi (pemulihan). Melalui Ketuanya, Zahrir Baitul, menyatakan, kesadaran untuk merekonsiliasi diri menjadi sangat penting, agar tercipta suasana yang kondusif bagi keberlanjutan pembangunan di tanah Muna.

Ia merefleksi, kontestasi politik pilkada Muna 2020 berlangsung cukup menegangkan dan menimbulkan benturan politik yang sangat keras akibat melibatkan dua poros kekuatan besar, Mantan Bupati Muna Barat dan petahana Bupati Muna.

Olehnya itu proses rekonsiliasi segera dibangun untuk menghilangkan sekat-sekat yang terbangun selama proses pilkada Muna. Terkait hal itu, Zahrir berpendapat, Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih (Rusman Emba-H Bachrun) dapat mengambil peran sentral dalam merekonsiliasi seluruh potensi kekuatan sosial politik yang ada di wilayah Muna raya.

Lanjutnya, MD KAHMI Mubar juga mengapresiasi positif sikap bijak dan legowo dari paslon LM Rajiun Tumada dan La Pili pascaputusan Mahkamah Konstitusi.

Ia berharap bahwa semua itu disertai oleh upaya nyata dari para elit dan semua elemen masyarakat pendukung untuk merajut kembali ikatan tali silaturahmi dan hubungan sosial yang sempat mengalami ketegangan dan terkoyak akibat perbedaan sikap, pilihan dan cara pandang politik selama ini.

Ia juga berharap, pleno penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih menjadi pertanda bagi lahirnya era baru terwujudnya harmonisasi hubungan baik antara Kabupaten Muna Muna Barat, karena sejatinya kedua daerah ini adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan secara historis dan sosial budaya, hanya terpisahkan oleh aspek administrasi pemerintahan.

“Kami berharap, Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih konsisten dan amanah dalam mewujudkan visi misi dan janji-janji politiknya selama menjalankan roda pemerintahan ke depan. Kami juga menaruh harapan besar kepada Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih agar bisa mewujudkan daerah Kabupaten Muna sebagai penyanggah dalam membangun kekuatan ekonomi baru di wilayah Muna daratan (Muna-Mubar dan Buton Tengah),” harapnya.

Tak lupa pula, MD2 KAHMI Muna Barat menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih, LM Rusman Emba dan H Bahrun oleh KPU Muna. (sra/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.