Muhammad Isra Pimpin IKA Smansa Kendari

156
Muhammad Isra (kemeja putih) diterpilih menjadi Ketua IKA SMAN 1 Kendari. Foto: Herdi/ Rakyat Sultra

 

KENDARI – Muhammad Isra terpilih sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMAN 1 Kendari dalam Musyawarah Besar (Mubes) I IKA Smansa Kendari periode 2021-2025, Sabtu (20/2) di Claro Hotel. Isra terpilih secara aklamasi usai saingannya Anton Timbang mengundurkan diri dari pemilihan.

Mubes pertama ini dihadiri perwakilan angkatan mulai dari angkatan 1975 hingga angkatan 2020. Ada nama-nama alumni yang kini menjabat di Bumi Anoa seperti Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, Sekda Prov Sultra Hj Endang Abbas, Wakil Ketua Komisi III DPRD Sultra Aksan Jaya Putra, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPBJ) Prov Sultra Dr Rony Yakob Laute dan Wakil Wali Kota Kendari, Hj Siska Karina.

Sementara itu, alumni lainnya yang tidak sempat hadir seperti mantan Kapolri Idham Aziz, mantan Rektor UHO Prof Mahmud Hamundu, Danrem 143/Halu Oleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, Sekda Kota Kendari Hj Nahwa Umar dan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas berharap IKA Smansa menjadi sebuah organisasi yang solid sehat, sekaligus bermanfaat bagi sekolah dan juga masyarakat.

“Insyaallah bermanfaat bagi nusa dan bangsa dan harus solid. Hubungan antaralumni harus dijaga. Alumni kita sudah banyak bertebaran termasuk di luar negeri. Kita harus solid harus mengedepankan bagaimana organisasi kita ini kompak,” kata Lukman.

Mantan Bupati Konawe dua periode ini pun kembali berharap IKA Smansa kedepan memiliki program-program yang realistis, baik untuk jangka pendek maupun program untuk jangka panjang.

“Pastinya, ini harus terarah dan sesuai tujuan. Ketua nya pun harus handal. Artinya betul-betul handal profesional, betul-betul terampil. Punya waktu, jangan hanya kepentingan kelompok dan harus general. Termasuk harus aktif, tertib berorganiasi. Insyaallah yang ditunjuk patuh dan taat berorganiasi,” ungkap Lukman.

Sementara itu, Ketua IKA terpilih, Muhammad Isra menginginkan lewat Mubes I ini semua alumni bisa terkoneksi dalam mendukung mendukung pendidikan dan kualitas pendidikan yang ada di Kota Kendari.

“Kedepan ya kita inginkan IKA Smansa berkontribusi kepada masyarakat. Tentu ini IKA berlandaskan kekeluargaan yang berkumpul karena asas kekeluargaan. Pertama bagaimana IKA Smansa dapat berkolaborasi, independen, humanis dan inklusif tentunya. Saya juga berharap melalui Mubes ini menjadi lebih terkonektif antara angkatan yang satu dengan angkatan yang lain,” ucap Isra.

Pegiat Ekonomi Kreatif ini mengaku bangga. Pasalnya, alumni Smansa banyak tersebar di seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri sehingga melalui Mubes ini ia menginginkan terjalin silaturahmi alumni.

“Mungkin selama ini alumni-alumni ini tidak diberikan ruang. Maka inilah fungsi IKA menjadi media kita saling berbagi dan mendorong manfaat. Ada program yang saya tawarkan yakni Smansa Peduli, kegiatan sosial tetapi kembali lagi kiblatnya di pendidikan, bagaimana mendorong kualitas pendidikan di era digital seperti ini,” bebernya.

Termasuk angkatan 2002 ini, bagaimana adik-adik alumni yang ada di IKA bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi tentu sentuhan-sentuhan dari proses struktural yang ada di IKA Smansa.

“Adanya Smansa peduli itu bisa membantu mereka ada kerja disana, ruang pendidikan di sana mungkin seperti itu,” pungkasnya. (r6/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.