Pemda  Konut Bidik Pelaku Usaha Pariwisata Demi Maksimalkan PAD

31
Kasim Pagala

 

WANGGUDU – Setelah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut), kini membidik para pelaku usaha untuk menarik pajak, demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Melalui koordinasi dengan Bupati Konut, Pj. Sekertaris Daerah (Sekda) Konut, Kasim Pagala membentuk tim satuan kerja untuk melakukan penyisiran terhadap para pelaku usaha yang bergerak pada bidang pariwisata di seluruh tempat wisata.

“Kita mengefektifkan kewajiban membayar pajak. Kami sudah bentuk tim yang melibatkan instansi-instansi terkait untuk menertibkan realisasi pajak bidang pariwisata yang mencakup rumah makan dan hotel,” ucap Kasim yang dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Dalam tinjauannya, Pj. Sekda mengungkapkan bahwa realisasi pajak dibidang pariwisata belum berjalan secara maksimal, sehingga perlu adanya evaluasi agar sistem yang ada dapat berjalan dengan baik.

Padahal kata Kasim, Konawe Utara menjadi salah satu daerah dengan tempat dan potensi wisata paling baik di seluruh Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Beberapa tempat seperti Pulau Labengki dan Pantai Taipa sudah sering dikunjungi wisatawan luar daerah.

“Di Konut sendiri terdapat banyak tempat wisata yang aktif dan memiliki fasilitas lengkap. Mungkin selama ini masih kurang pemahaman tentang perpajakan dan apa manfaatnya. Inilah yang akan kita efektifkan,” tutup Kasim Pagala. (p1/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.