Pemkab Butur Siapkan Rp 40 Miliar untuk Alokasi Dana Desa

29
Tasir S.E

 

BURANGA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) tahun ini menyiapkan Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD kurang lebih sebesar Rp 40 miliar.

Anggaran yang sumbernya berasal dari bagi hasil pajak daerah dan dana perimbangan itu akan diperuntukan pada 78 desa di Butur.

“Gelontoran ADD tahun 2021 kurang lebih Rp 40 miliar dikucurkan untuk 78 desa di Butur,” ungkap Kepala Badan Keuangan Daerah Butur, Tasir SE.

Besaran anggaran yang diporsikan itu jelas Tasir, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 37 tahun 2007 tentang pedoman pengelolaan keuangan desa. Dimana ADD yang berasal dari APBD kabupaten untuk desa paling sedikit 10 persen. “Aturannya seperti itu,” jelas Tasir.

Penggunaan ADD lanjut Tasir, nantinya akan dipertanggungjawabkan secara administrasi, teknis, hukum dengan prinsip hemat, terarah dan terkendali.

“Tentunya para kepala desa harus dapat mengelola ADD sesuai regulasi yang berlaku melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi secara terbuka,” tegasnya.

Tasir berharap kegiatan yang akan didanai melalui ADD mampu untuk meningkatkan sarana pelayanan masyarakat, berupa pemenuhan kebutuhan dasar, penguatan kelembagaan desa dan kegiatan lainnya yang dibutuhkan masyarakat dengan pengambilan keputusan melalui jalan musyawarah.  (r3/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.