STQH Koltim Diharapkan Membentuk SDM Cinta Alquran

28

 

Plh Bupati Koltim, Eko Santoso Budiarto saat membacakan SK Juri STQH Koltim. Foto: Iwal/Rakyat Sultra.

 

TIRAWUTA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) membuka secara resmi kegiatan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) di Aula Pemda, mulai Kamis hingga Minggu (25-28/2).

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Koltim, Eko Santoso Budiarto, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa kegiatan ini mengangkat tema, Membangun Generasi Qurani yang Cerdas, Berakhlaqul Karimah, Serta Berdaya Saing Menuju Masyarakat Madani.

Kegiatan ini diharapkan membentuk sumber daya manusia (SDM) yang lebih mencintai kitab suci Alquran, sehingga nilai-nilai agama Islam dapat dihayati dan diamalkan, agar pembangunan secara moril dapat terlaksana lebih stabil dan berkesinambungan antar generasi ke generasi berikutnya.

Karakter umat Islam yang diawali dengan pembentukan generasi Quran dapat membentuk karakter bangsa ideal. Pembentukan karakter bangsa tergantung pada tersedianya SDM yakni generasi yang baik, cakap dan terampil, serta memiliki tanggung jawab sosial kemasyarakatan, sesuai dengan ajaran dalam Alquran.

“Selain itu, melalui STQH ini kita berusaha memperkokoh keutuhan persaudaraan, serta membina persatuan dan kesatuan. Insyaallah dengan semangat kebersamaan, kita mampu membangun daerah yang kita cintai dengan tetap mempertahankan jati diri Koltim sebagai daerah perjuangan, religius, dan berbudaya,” ungkap Eko Santoso Budiarto.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Koltim, H. Ahmad Lita, R S.Ag, M.Pd, mengungkapkan bahwa STQH ini merupakan perpaduan antara seni, ilmu, dan agama.

Lebih dalam kata Ahmad Lita, Alquran merupakan solusi dan petunjuk dari sikap dan praktek paham radikal yang berpotensi menjadi gangguan terhadap kerukunan bangsa dan negara Indonesia.

“Insya Allah kita senantiasa menghormati orang lain, menghormati agama, ras, dan budaya lain, mengakui keragaman, sikap dan toleransi, serta tidak memaksakan keinginan dengan cara kekerasan. (p1/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.