Sudah 404 Warga Butur Disuntik Vaksin

15

 

 

 

Kabag Humas Pemda Butur, Asrif Atmin salah satu pejabat esensial di Pemda Butur yang sudah disuntik vaksin covid-19 tahap awal. Foto:Aljalilu/Rakyat Sultra.

 

BURANGA – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Buton Utara (Butur) sejak dimulai pada Sabtu (06/02/2021) hingga kini terus berjalan dengan baik.

Sesuai data terintegrasi dari gugus tugas percepatan penanganan covid-19 daerah setempat, yang masuk pada Rabu (17/2/2021), setidaknya sebanyak 404 orang sudah berhasil disuntik vaksin tahap pertama.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19, gugus tugas mencatat dari 773 sasaran target, sebanyak 404 orang telah berhasil diberi suntikan vaksin. Sebanyak 97 orang batal disuntik atau masih ditunda karena komorbid dan alasan lain,” ungkap juru bicara satgas penanganan covid-19 Butur, dr Muhammad Ali Badar.

Komorbid atau ada penyakit penyerta sendiri beber Ali Badar sesuai dengan pedoman tidak dibolehkan disuntik vaksin. Seperti HIV, diabetes, TB paru dalam pengobatan awal, penyakit jantung, ginjal, dan penyakit lainnya yang ada dalam lembaran screening sesuai pedoman.

Sedang untuk alasan lain seperti ibu hamil, orang yang riwayat covid dalam 3 bulan terakhir, sementara batuk flu demam dan sesak.

“Untuk kedua hal itu sementara tidak dibolehkan untuk divaksin,” jelasnya.

Pemberian vaksin covid-19 tahap pertama yang kini sementara berlangsung menyasar para tenaga kesehatan (nakes) termasuk pejabat esensial.

Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini ditarget tuntas pada awal bulan Maret 2021. “Karena sudah masuk tahap II untuk pelayan publik,” beber Ali Badar.

Ali Badar tak lupa mengajak agar terap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan rutin dan hindari kerumunan.

“Serta mari sukseskan pelaksanaan vaksinasi sebagai satu-satunya ikhtiar kita melawan pandemik Covid-19. Vaksin sehat dan aman untuk melindungi diri dan keluarga dari penyebaran Covid-19 yang bisa menyerang kapan saja dan di mana saja,” ajaknya. (r3/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.