Tiga Bupati Dilantik Besok

118
Basiran

 

KENDARI – Tiga kepala daerah hasil pilkada serentak 2020 dari tujuh daerah di Sultra masing-masing pasangan kepala daerah Kolaka Timur (Koltim), Buton Utara (Butur) dan Konawe Kepulauan (Konkep) dilaksanakan pada 26 Februari 2021 besok.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Basiran mengatakan, rencana pelantikan tiga pasangan bupati dan wakil bupati terpilih, hasil pilkada serentak tahun 2020 akan dilaksanakan pada Jumat 26 Februari 2021 besok.

“InsyaAllah jika tidak ada perubahan kebijakan dari Kemendagri akan dilaksanakan pada 26 Februari 2021 di rumah jabatan gubernur,” kata pelaksana Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sultra melalui pesan whatsAppnya, Rabu (24/02/2021).

Saat dihubungi, pihaknya mengaku sementara berada di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka menunggu proses penandatanganan surat keputusan (SK) pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih dari tiga daerah yakni Butur, Koltim dan Konkep. 

Namun yang diterima baru dua SK yakni Butur dengan Koltim.

“Baru dua SK yang kami terima yakni SK pengangkatan bupati dan wakil bupati Butur dan Koltim,” katanya.

Dia berharap, tiga pasangan kepala daerah yang telah diusulkan pengangkatannya dapat dilantik secara bersamaan di Kendari besok.

Diketahui, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Koltim yang akan dilantik adalah Samsul Bahri- Andi Merya (SBM) sementara Bupati dan Wakil Bupati Butur adalah Ridwan Zakariah – Ahali. Kedua pasangan ini berhasil menumbangkan calon petahana di daerah pemilihannya masing-masing.

Sementara di Konkep petahana masih bertahan yakni Amrullah- Andi Muh. Lutfi. Akhir Masa jabatan (AMJ) dari ketiga kepala daerah itu, Butur, Koltim dan Konkep berakhir pada 17 Februari.

Selain itu, dalam vidcom bersama Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Akmal Malik mengatakan pelantikan pasangan kepala daerah (bupati dan wakil bupati) maupun wali kota dilaksanakan di ibukota

provinsi secara luring atau tatap muka. Bukan secara daring. Namun dengan penerapan protokol kesehatan

yang ketat, karena pandemi covid-19 belum berakhir.

Dia juga tidak melarang jika ada daerah dalam hal ini gubernur jika akan melantik bupati dan wakil bupati dengan daring (virtual) dengan mempertimbangkan kondisi daerahnya masing-masing. Seperti kondisi

jaringan, perserta, maupun dengan kondisi kewilayahan.

“Tetapi pak mendagri menekankan jika pelantikan dilakukan secara langsung, maka pesertanya yang berada dalam ruang pelantikan tidak boleh lebih dari 25 orang. Konsekuensinya, mereka yang ada diruangan yakni yang akan melantik dan dilantik, para saksi. Sementara Istri (ketua PKK) pada sesi berbeda,” jelasnya.

Pada pilkada Konkep, Ir H Amrullah MT dan Andi Muh Lutfi SE MM berakronim BerAMAL meraih suara terbanyak dari tiga rivalnya yakni, 12.769 suara, menyusul pasangan nomor urut dua Ir Abdul Halim MSi dan Drs Untung Taslim memperoleh suara sebanyak 7.183. Sedangkan paslon nomor urut tiga Musdar SSos Ilham Jaya ST meraih suara sebanyak 4.669, sementara paslon nomor urut empat Muh Ohey Sinapoy dan Muttaqin Siddiq berada pada posisi perolehan suara terakhir yaitu 214 suara.

Sementara Butur, Pasangan Ridwan Zakaria dan Ahali di tetapkan oleh KPU sebagai bupati terpilih dalam Pilkada

Butur dengan perolehan suara 15.890. Disusul Abu Hasan-Suhuzu memperoleh suara 13.657 dan Aswadi Adam-Fahrul Muhammad memperoleh suara 12.064. (efn/idu)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.