Bappeda Target RTRW Konkep Tuntas Juni 2021

203

 

Saifuddin Alibas

 

LANGARA – Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) sejak diusul beberapa tahun silam hingga kini belum juga rampung salah satu kendalanya karena belum adanya persetujuan substansi dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) RI.

Hal ini disampaikan Kepala Bappeda Konkep Saifuddin Alibas saat dikonfirmasi, Selasa (2/3/2021). Katanya, beberapa kendala lain juga karena data dalam draf RTRW itu harus diupdate seperti kawasan hutan yang diturunkan statusnya menjadi areal penggunaan lain.

“Dokumennya sudah rampung, sudah selesai dibenahi, sekarang tinggal menunggu hasil evaluasi dari tim pusat atas kunjungan lapangan,” katanya.

Pada prinsipnya kata Saifuddin, Pemkab Konkep tetap mengikuti sinkronisasi sesuai arahan Pemprov Sultra dan Kementerian ATR/BPN.

“Bulan Juni 2021 harus tuntas, karena pada saat penetapan RPJMD Konkep 2021 – 2026 harus merujuk pada RTRW. Landasannya harus kuat karena posisinya RPJMD harus duduk di atas RTRW, minimal sudah disepakati walaupun belum ditetapkan,” jelasnya.

“Setelah sudah ada hasil evaluasi tinggal dilaksanakan rapat lintas sektor oleh Kementerian ATR, baru ditetapkan persetujuan subtansi,” tambahnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.