Kelompok Pemuda Mandiri Sermaher Wawonii Memproduksi Minyak VCO 

390
Ketua Kelompok Pemuda Mandiri Sermaher, Kaharudin Lakanane saat memperlihatkan produk VCO yang mereka hasilkan. Foto: Karim/Rakyat Sultra.

 

 

LANGARA – Potensi kelapa yang dimiliki Pulau Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) cukup melimpah karena itu sekelompok pemuda dari Desa Mata Buranga, Kecamatan Wawonii Utara mencoba berinovasi dengan membuat minyak Virgin Coconut Oil (VCO) berbahan baku kelapa asli Wawonii.

Ketua Kelompok Pemuda Mandiri Sermaher, Kaharudin Lakanane menuturkan saat dihubungi via WhatsApp, Senin (1/3/2021) saat ini home industri itu yang dimulainya sejak sebulan lalu baru memproduksi minyak VCO secara terbatas karena masih memproduksi secara tradisional.

“Produksi kami masih sangat terbatas karena keterbatasan alat produksi. Biasanya kami memproduksi 100 biji per harinya dengan hasil 10 liter. Insaa Allah ke depannya jika alat kami sudah memadai akan memproduksi minyak VCO dalam skala besar,” jelasnya.

Besar harapannya lanjut pemuda yang biasa disapa Didin itu, ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten untuk kelanjutan usaha home industri yang berbahan baku kelapa asli Wawonii tersebut.

“Karena tidak stabilnya harga kopra di pasaran makanya kami ingin berinovasi yang juga bisa mengangkat komoditas unggulan daerah yaitu kelapa,” katanya.

Ditanya di mana saja wilayah pemasaran VCO yang mereka produksi? Katanya baru tiga daerah yakni Konkep, Kota Kendari dan Kota Baubau.

“Untuk pemasaran ini baru tiga hari kita lakukan melalui media sosial dan mengirim ke Baubau,” jelasnya.

Mengenai khasiat VCO ini lanjutnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti bisa mengobati luka, meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki gangguan pencernaan, juga bermanfaat untuk kecantikan.

“Masih banyak lagi khasiatnya yang lain,” tambahnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.