Ketua DPRD Sultra Buka Empat Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi Institusional BLK Kendari

144
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) H Abdurrahman Shaleh, buka empat paket Pelatihan Berbasis Komptensi (PBK) Institusional.

 

KENDARI – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Abdurrahman Shaleh secara resmi membuka empat paket Pelatihan Berbasis Komptensi (PBK) Institusional di Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Jumat (26/3/2021).

Empat pelatihan ini yakni Desain Grafis dari Kejuruan Komputer, Pengelola Administrasi Perkantoran dari Kejuruan Bisnis Manajamen (Bisman), TIK dari Kejuruan Komputer dan Menjahit Pakaian Dasar dari Kejuruan Garmen Apparel.

Dalam sambutannya, H Abdurrahman Shaleh memotivasi 64 siswa yang terbagi di empat program pelatihan agar bersungguh-sungguh, disiplin, tekun, sabar dan yakin selama mengikuti semua proses pelatihan di BLK Kendari.

“Hasil tidak akan mengkhianati usaha, jadi nikmati semua prosesnya agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dibandingkan sebelum masuk ke BLK Kendari,” tuturnya.

Menurutnya, BLK Kendari membuka paket pelatihan berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan keinginan, sehingga alumninya memang dibutuhkan di pasar kerja dan daerahnya sendiri. Keterampilan yang diperoleh selama pelatihan, dapat menjadi modal bagi mereka untuk bisa menciptakan lapangan kerja atau mempekerjakan orang lain dan bagian terpentingnya mesti mampu merubah mindset dan budi pekertinya sehingga lebih baik lagi.

“Harapan kami, mereka benar-benar terpanggil sebagai masyarakat Sultra yang melakukan fastabiqul khairat untuk kemaslahatan sekaligus menjaga ketimpangan sosial atas kekosongan ketenagakerjaan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu menambahkan, saat ini BLK Kendari memiliki inovasi baru dalam menambah semangat para siswa untuk mengikuti proses pelatihan. Inovasi itu, berupa pemberian penghargaan dalam bentuk sertifikat untuk lulusan terbaik sebanyak tiga orang di setiap kejuruan.

“Jadi, nanti akan ada dua sertifikat yang diterima siswa untuk tiga lulusan terbaik setiap kejuruan yaitu sertifikat kompeten dan sertifikat kategori lulusan terbaik,” terangnya.

Selain itu, lanjut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), BLK Kendari juga memiliki program pelatihan khusus dalam peningkatan produktivitas. Program ini merupakan program pelatihan di Balai Pengembangan Produktivitas (BPP) Kendari, namun BLK Kendari mendapatkan jatah sebanyak 11 paket pelatihan dengan setiap paketnya sebanyak 30 orang.

“Program ini khusus bagi alumni BLK Kendari atau masyarakat yang telah memiliki usaha atau sudah bekerja tetapi masih ingin meningkatkan produktivitasnya. Pelatihannya berlangsung selama lima hari,” jelasnya.

Olehnya itu, putra asli Sultra ini berharap, para siswa bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan, memanfaatkan waktu sebaik-baiknya selama prosesnya untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap perilaku. Dari kurang tahu menjadi tahu, dari kurang terampil menjadi terampil, dari baik menjadi lebih baik lagi.

“Ketika para siswa telah memperoleh tiga hal ini, maka Insyaallah mereka bisa kita andalkan untuk bekerja di dunia usaha dan industri atau ketika mereka berwirausaha secara mandiri. Bahkan kami berharap mereka dapat menjadi pelopor terbukanya lapangan-lapangan kerja baru,” pungkasnya. (r6/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.