Pasar  Rakyat Boneoge  Buton Tengah Resmi Beroperasi

23

 

 

 

Bupati Buteng, Samahuddin saat meresmikan Pasar Rakyat Boneoge, Kecamatan Lakudo, Selasa (2/3/2021).

 

LABUNGKARI – Bupati Buton Tengah (Buteng) Samahuddin, meresmikan Pasar Rakyat Boneoge yang terletak di Kelurahan Boneoge, Kecamatan Lakudo, Selasa (2/3/2021).

Dalam peresmian pasar rakyat tersebut turut dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), staf ahli, para asisten, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Karang Taruna Kelurahan Boneoge.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Buteng Usman Mbolosi dalam sambutannya bertutur mengenai proses pembangunan pasar tersebut.  Pembangunan pasar nyaris tidak dilanjutkan karena masa pandemi covid-19 yang tiba-tiba datang. Usman bilang berdampak pada pemangkasan anggaran atau refokusing. Namun Bupati Buteng tetap kukuh membangun pasar Rakyat Boneoge ini.

“Pak Bupati anggaran di dinas saya sudah mau habis ini, apa kira-kira yang saya mau potong untuk menyelamatkan anggaran? Kemudian Pak Bupati tanya, apa itu? terus saya sampaikan proyek pasar di Boneoge harus dihentikan,” tutur Usman.

Mendengar itu, lanjut Usman, Bupati Buteng menolak usul tersebut. Sebab menurut bupati, proyek pasar Boneoge merupakan bentuk penghargaannya kepada masyarakat Boneoge.

“Jadi disitu saya berpikir, mau diapakan dinas saya dengan anggaran seperi itu. Tetapi saya kembali bersemangat bahwa inilah sosok Bupati yang sangat mencintai Buteng. Bupati yang memikirkan pembangunan di Buteng sehingga anggaran pasar ini selamat,” kata Usman disambut tepuk tangan dari para undangan.

Sementara itu, Bupati Buteng Samahudin mengatakan, walaupun keuangan di daerah banyak dipangkas akibat dari pandemi Covid-19, tetapi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Buteng, ia berusaha agar bisa membangun Pasar Rakyat Boneoge.

“Akibat Covid-19 terjadi pemotongan anggaran. Tapi, alhamdulillah Pasar Rakyat Boneoge saya selamatkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Samahuddin menjelaskan bahwa pembangunan pasar tersebut merupakan janji kepada Tokoh-Tokoh Agama di kalangan masyarakat Boneoge yang telah diucapkannya.

“Pembangunan pasar merupakan janji saya kepada masyarakat Boneoge khususnya Tokoh Agama, kalau saya berjanji kalau A tetap A, dan B tetap B, kalau sudah berjanji saya bangun maka saya akan bangun,” tegasnya.

Untuk diketahui, pembangunan Pasar Rakyat Boneoge bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2020 senilai 890 juta yang terdiri dari 2 unit bangunan yang di dalamnya terdapat 11 Kios. (cr3/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.