Pilkades Serentak Kabupaten Muna Dijadwalkan Setelah Pelantikan Bupati

228

 

Rustam

 

RAHA – Pemerintah Kabupaten Muna mulai melakukan tahapan persiapan untuk menggelar pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2021.

Jika tak ada aral melintang, pelaksanaan pilkades gelombang pertama yang rencananya diikuti 60 desa ini akan digelar setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Muna, 2 September 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna, Rustam menjelaskan, keputusan pelaksanaan pilkades pascapelantikan tersebut diambil karena pertimbangan stabilitas keamanan. Hal ini sesuai saran dan masukan dari pihak berwenang dalam hal ini Kapolres Muna dan Dandim 1416 Muna.

“Permintaan bapak Kapolres dan Pak Dandim, hari H pilkades dilaksanakan setelah pelantikan,” kata Rustam.

Sebelumnya, pihak DPMD Muna menjadwalkan pilkades serentak di pertengahan bulan September, namun karena bulan tersebut dianggap masih menjadi momen euvoria pelantikan, sehingga pilkades serentak dijadwalkan antara bulan Oktober atau November.

“Kita perkirakan, hari H Pilkades serentak di bulan Oktober atau November 2021,” ucapnya.

Saat ini pihak DPMD Muna telah menuntaskan draft Peraturan Bupati (Perbup) tentang pilkades yang akan mengatur tentang mekanisme dan proses pelaksanaan pilkades.

“Draft Perbupnya sudah tuntas, tinggal finalisasi bersama Bagian Hukum Pemkab Muna,” pungkasnya.

Pilkades serentak Kabupaten Muna akan menelan anggaran yang cukup besar yakni Rp 1,9 M. Dana pilkades serentak telah disiapkan melalui APBD Muna tahun 2021. (sra/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.