Yayasan Dekap Bantu Gadis Cilik Penderita Gagal Ginjal Berobat ke Makassar

65

 

Novita (13) penderita gagal ginjal asal Konawe di Bandara Haluoleo Kendari sebelum diberangkatkan ke RS Wahidin Makassar untuk mendapatkan perawatan selanjutnya. Foto: IST

 

UNAAHA – Yayasan Delegasi Kemanusiaan Peduli (Dekap) Kendari kembali melakukan misi kemanusiaan dengan membantu seorang anak penderita gagal ginjal asal Kabupaten Konawe.

Dia adalah Novita Sari umur 13 tahun anak dari pasangan Jumangir dan Hudia. Novita merupakan warga dari Desa Bumi Indah, Kecamatan, Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Dekap Indonesia Cabang Kendari, Iwan Mas’ud mengatakan, Novita mendapat bantuan dari Yayasan Dekap setelah dia mendapatkan informasi dari relawan Dekap Kendari bahwa di Desa Bumi Indah ada seorang anak membutuhkan bantuan.

Dari kabar tersebut, dia bersama tim relawan lainnya langsung bergerak cepat untuk membantu pasien yang di vonis penyakit syndrom neuthropik dari Rumah Sakit Bahteramas Kendari itu.

“Alhamdulillah hari ini pendampingan pasien ananda Novita yang divonis gagal ginjal akan kami berangkatkan ke Rumah Sakit Wahidin Makassar. Semua biaya ditanggung oleh Dekap Kendari. Untuk semua donatur dan relawan Dekap Kendari kami ucapkan jazakumullah khoiran. Semoga Allah membalas kebaikan kalian dengan yang lebih baik,” ungkap Iwan.

Iwan menuturkan, awalnya pasien Novita Sari sudah menjalani pengobatan di Bahteramas. Di sana sempat dirawat dan disarankan untuk dirujuk berobat ke RS Wahidin Makassar. Tetapi karena terkendala biaya mulai dari tiket kebutuhan sehari-hari dan pengobatan, sehingga pihak keluarga Novita memutuskan untuk pengobatan di rumah saja.

“Jadi hari ini ananda Novita sudah dirujuk ke Makassar. Yang kami tanggung itu mulai dari tiket empat orang keluarganya. Kemudian selama pengobatan di Makassar di back up penuh oleh relawan Dekap Kendari,” ucap pengusaha muda ini.

Iwan bercerita, yayasan Dekap singkatan dari yayasan Delegasi kemanusiaan Peduli Indonesia didirikan dua tahun yang lalu di Makassar. Dan untuk wilayah Dekap Kendari di pimpin oleh dirinya dengan tujuan untuk misi kemanusiaan, sosial dan bencana alam di indonesia.

Agenda dekap Kendari di awal tahun 2021 yakni melakukan kegiatan bedah rumah di tiap bulan untuk kaum dhuafa/fakir miskin, serta pendampingan pasien yang kurang mampu untuk ke rumah sakit lokal, bahkan berobat hingga ke Makassar. (cr2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.