BST Tahap 13 dan 14 Cair, Hanya untuk 58 Ribu KPM

Data Tidak Valid, 20 Ribu Penerima Bantuan Sosial Hilang

51

 

Suasana penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Sulawesi Tenggara melalui kantor Pos. Foto: Jufrianto/Rakyat Sultra.

 

KENDARI – Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) RI tahun 2021 tahap 13 dan 14 untuk masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah mulai disalurkan sejak Selasa (13/4) setelah adanya verifikasi data dari Kemensos.

Penyerahan BST tersebut disalurkan Kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan melalui kantor pos.

Kepala Kantor Pos Kendari, Surya Hambali mengungkapkan, pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 13 dan 14 hanya tersalurkan pada 58.000 penerima manfaat.

Data tersebut di pangkas sebanyak 20 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) dibandingkan dengan periode sebelumnya di kabupaten dan kota di Sultra.

  • Dia menjelaskan, di tahap sebelumnya, pencairan BST sebanyak kurang lebih 78.000 KPM, namun pencairan BST kali ini hanya 58.000 KPM di 11 kabupaten dan kota di wilayah kerja Kantor Pos Kendari.

“Jadi, pencairan hari ini yaitu tahap 13 dan 14 periode Maret dan April sekaligus sebanyak Rp600 ribu per KPM. Ini pembayaran yang terakhir, karena Maret tidak dilakukan pembayaran,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Kamis (15/4).

Lanjutnya, alokasi anggaran di Kota Kendari sebanyak 10.572 KPM yang akan disalurkan, dari data penerima sebelumnya yaitu sebanyak 16.500 KPM. Masih ada sekitar 6.000 KPM di Kota Kendari yang belum terbayarkan.

“Semoga aja, ada susulan tambahan untuk KPM yang belum sempat terkafer. Berkaca tahun sebelumnya, selalu ada penambahan untuk pencarian pada periode Mei lalu. Mudah-mudahan tahun ini, bisa dibayarkan tambahan untuk 20.000 KPM yang dikurangi,” ujarnya.

Kata dia, periode pembayaran BST tahap 13 dan 14 mulai Selasa 13 April 2021 hingga Sabtu 17 April 2021 untuk jadwal utama.

“Kita punya waktu 30 hari untuk pembayaran pencairan sejak Selasa (13/4). Jadi, kita akan tuntaskan hingga penyaluran 100%,” ucapnya.

Dia menuturkan, penerima BST sebanyak 58.000 KPM ini sudah data yang valid untuk NIKnya. Ada pengurangan sebanyak 20.000 KPM, ketika ada pembayaran susulan, pihaknya akan infokan kembali.

“Sampai hari ini, sudah sekitar 50% penyaluran BST dilakukan di Sultra. Bagi yang belum menerima, silahkan berkunjung ke Kantor Pos Kendari untuk menerima BSTnya,” sebutnya.

Dia menambahkan, penyaluran bantuan dilakukan per Kecamatan sedangkan Kecamatan lain akan menyusul. Diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi kerumunan sesuai protokol Covid-19.

“Kami berharap penyaluran berjalan dengan lancar tanpa kendala, kami juga menerapkan proses yang ketat mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, pemakaian masker dan jaga jarak,” tutupnya. (r5/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.