Bupati Konawe Serahkan Bantuan kepada Korban Angin Puting Beliung

12

 

 

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (kiri) saat menyerahkan bantuan paket sembako kepada korban bencana Puting Beliung di Kelurahan Puusinawi Kecamatan Wawotobi, Selasa (6/4/2021). Foto Ashry/Rakyat Sultra. 

 

UNAAHA – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa memberikan bantuan kepada korban bencana alam angin puting beliung di Kelurahan Puusinauwi, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe, Selasa (6/4/2021).

Angin puting beliung menerjang sebagian wilayah Konawe pada Senin 5 April 2021. Sedikitnya, 15 rumah di tiga kelurahan di Kecamatan Wawotobi mengalami kerusakan berat akibat bencana alam tersebut.

Bantuan awal yang diberikan secara langsung itu diserahkan kepada 10 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban puting beliung. Bantuan yang diserahkan berupa paket sembako. Yakni beras, minyak goreng, gula pair, kopi, teh, susu, mi instan, selimut, tikar, dan pakaian bekas layak pakai.

Kesepuluh KK korban angin puting beliung tersebut yaitu Rama Nunung, Kaimuddin, Sumarno, Naim, Mariatin, Rusdin Haruna, Manto Heri, Yuliatin, Sunar, dan Iksan Ndindi.

Saat menyerahkan bantuan kepada korban bencana alam itu, Kery sapaan akrab Bupati Konawe didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand Sapan, Kadis Sosial Agus Suyono, Camat Wawotobi Muh. Said dan sejumlah Lurah.

Setelah menyerahkan bantuan di Kelurahan Puusinawi, Bupati Konawe kemudian menyerahkan bantuan serupa kepada empat Kepala Keluarga di Kelurahan Hopahopa dan satu KK di Kelurahan Kasupute Kecamatan Wawotobi yang juga menjadi korban bencana alam tersebut.

Selain memberikan bantuan awal itu, orang nomor satu di Konawe ini berjanji akan membangunkan rumah yang layak huni bagi korban bencana alam angin puting beliung yang rumahnya tidak dapat ditinggali lagi alias rusak total.

“Pemda Konawe akan membangunkan rumah layak huni kepada saudara kita yang tertimpa musibah ini,” kata Kery saat menyerahkan bantuan kepada korban di Kelurahan Puusinawi, Selasa (6/4/2021).

Salah satu rumah warga di Konawe rusak parah karena diterjang angin puting beliung. Foto: Asry/Rakyat Sultra.

Sebagai wujud kepedulian kepada warganya yang tertimpa musibah, Kery langsung memerintahkan kepada instansi terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe untuk segera menyiapkan segala sesuatunya.

“Paling lambat hari Minggu sudah ada aktivitas di lapangan,” tegasnya.

Mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah yang diserahkan langsung oleh bupati, salah seorang warga korban bencana alam puting beliung pun mengucap syukur. Dengan penuh haru warga menerima bantuan tersebut dari Bupati Konawe.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa atas bantuan yang baru saja diberikan kepada kami,” ucapnya.

Di kesempatan tersebut, Bupati Konawe mengimbau seluruh masyarakat agar selalu waspada, mengingat kondisi cuaca saat ini tidak menentu. Menurutnya, bencana bisa datang kapan saja. Sehingga dengan kewaspadaan tinggi, masyarakat dapat mengantisipasi atau menyelamatkan diri ketika bencana datang secara tiba-tiba.

“Tingkat kewaspadaan, jika ada apa-apa segera laporkan ke pemerintah setempat (Lurah dan Kepala Desa red),” pesan Kery.

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokoler Sekretariat Daerah (Setda) Konawe Sukri Nur menambahkan bahwa Pemkab Konawe sangat peduli kepada warga yang tertimpa musibah. Dia bilang, bupati tidak pernah membedakan warganya dalam menyalurkan bantuan.

“Bencana apa saja, Pemda Konawe selalu hadir untuk meringankan beban warga. Inilah wujud kepedulian bapak Bupati kepada warganya yang lagi mengalami musibah,” pungkasnya. (cr2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.