Bupati Optimis Galeri Dekranasda Menjadi Wadah Promosi Produk Lokal Kolut 

10

 

Bupati Kolut bersama Ketua Dekranasda Kolut, saat menunjukan salah satu olahan kuliner yang tersedia di galeri Dekrasnasda. Foto: Musafir/Rakyat Sultra.

 

LASUSUA – Gedung galeri Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) resmi diluncurkan, Senin (5/4/2021).

Bupati Kolut, H Nur Rahman Umar, optimis hadirnya galeri Dekranasda ini akan menjadi wadah promosi, yang efektif untuk produk-produk lokal Kolut.

Galeri Dekranasda yang terletak di area bundaran simpang delapan Suawindu tersebut, memajang atau memamerkan berbagai jenis produk olahan ataupun kerajinan, buah tangan masyarakat serta kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lokal Kolut.

Usai meresmikan peluncuran alias launching Galeri Dekranasda, Bupati Kolut, H Nur Rahman Umar, di hadapan wartawan mengungkapkan, salah satu kendala utama yang dihadapi untuk pengembangan produk lokal, yakni pemasaran.

Olehnya itu, lanjut Bupati, dengan hadirnya Galeri Dekranasda ini yang akan bekerjasama dengan instansi terkait, akan berupaya semaksimal mungkin untuk menghadirkan pasar yang layak, untuk produk masyarakat ataupun kelompok UKM lokal Kolut.

Di samping itu, ungkap Bupati, melalui galeri Dekranasda ini, hasil karya dari para pengrajin tradisional lokal khas Kolut, juga akan berupaya ditampilkan kepermukaan, sehingga karya-karya yang dihasilkan oleh para pengrajin, bisa menjadi sumber pendapatan bagi para pengrajin.

“Pemerintah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, akan bersama-sama mengawal pembinaan para pengrajian, kita akan melakukan pendampingan dan pelatihan, agar hasil produksi dari para pengrajin dapat diterima pasar dengan harga yang layak,” tandas Bupati.

Sementara itu Ketua Dekrasnasda Kolut, Hj Andi Nurhayani Nur Rahman, mengungkapkan, galeri Dekrasnasda ini hadir sebagai wadah untuk menghimpun, serta membantu menciptakan pasar yang layak untuk produk masyarakat ataupun kelompok UKM lokal Kolut.

“Potensi UKM di Kolut cukup menjanjikan dan dapat membantu meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat, karena itulah Dekrasnasda hadir, untuk mendorong dan membantu para pelaku UKM agar lebih produktif, mulai dari upaya menciptakan pasar yang layak, hingga pemberian pelatihan dan bimbingan kepada para pengrajin tradisional.” pungkasnya. (r1/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.