Desa Wungkolo Dicanangkan Jadi Kampung Tangguh Nusantara

160

 

Kapolsek Wawonii Tengah Selatan, IPDA Arsan SSi dan beberapa stakeholder terkait saat sedang melakukan pencanangan Kampung Tangguh Nusantara. Foto: Karim/Rakyat Sultra.

 

LANGARA – Menindaklanjuti program nasional yang diprakarsai Kepolisian RI. Kepolisian Sektor (Polsek) Wawonii Tengah-Wawonii Selatan mencanangkan Desa Wungkolo, Kecamatan Wawonii Selatan sebagai kampung tangguh, belum lama ini.

Pencanangan kampung tangguh itu melibatkan stakeholder seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) di antaranya, Dinas Pertanian dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Dinas Ketahanan Pangan serta Babinsa.

Kapolsek Wawonii Tengah, IPDA Arsan SSi mengatakan tujuan pencanangan kampung tangguh Nusantara adalah upaya menimalisir dampak sosial ekonomi masyarakat akibat pandemi Corona virus disease atau Covid-19.

Sekaligus membangkitkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat kebersamaan untuk lebih waspada dalam menghadapi penyebaran virus covid terutama membangun ketahanan pangan dalam menghadapi pandemi.

“Tujuannya giat ini agar masyarakat lebih mandiri dalam ketahanan pangan, memberikan edukasi masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Ditanya apa saja yang dilakukan dengan pencanangan kampung tangguh Nusantara? Perwira dengan satu balok dipundaknya itu mengurai, bahwa warga melakukan pemanfaatan pekarangan lestari (P2L) dengan cara menanam sayur-sayuran untuk ketahanan pangan keluarga.

“Mudah-mudahan dengan adanya program ini, warga bisa lebih mandiri dalam hal ketahanan pangan di masa pandemi seperti sekarang ini,” harapnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.