Dinkes Mubar Usul Rekrut 49 Tenaga Nusantara Sehat ke Kemenkes

104

 

LM Ishar Masiala SKM, M.Kes

 

LAWORO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna Barat (Mubar) juga membuka kesempatan bagi petugas Nusantara Sehat (NS) yang direkrut secara individu, untuk mengabdikan diri.

Tercatat, ada 49 kuota yang disediakan untuk mengisi delapan formasi. Yakni farmasi, kesehatan lingkungan (kesling), perawat, analis kesehatan, dokter gigi dan umum, bidan serta tenaga gizi.

Perekrutan itu, untuk ditempatkan ditiap-tiap puskesmas yang ada. Sebab, saat ini, personel yang ada di sana, terjadi kekosongan serta akan berakhir masa tugas. Selain itu juga, demi menjamin pelayanan medis, dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai. 

Kadinkes Mubar LM Ishar Masiala mengatakan, bagi tim Nusantara Sehat yang berakhir masa tugasnya, mereka diberikan kesempatan lagi mengikuti seleksi secara individu. Jika memang, masih mau mengabdikan diri di Bumi Praja Laworo.

“Kalau petugas NS yang sudah berakhir, mereka bisa ikut lagi jalur individu. Tinggal, mendapatkan saja rekomendasi dari Dinkes. Rekomendasi, yang diberikan atas pertimbangan kinerja,” kata Kadinkes Mubar, LM Ishar Masiala, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (14/4/2021).

Tak hanya itu saja, lanjut Ojo demikian disapa, bagi pemula juga, diberi kesempatan mengikuti seleksi tersebut. Sebab, dari kuota yang disediakan, sudah tidak terpenuhi lagi. Sebab, para petugas NS, rata-rata sudah tidak ingin bertugas lagi disitu atau pindah tugas ke daerah lain.

“Jadi, dari kuota yang kita siapkan, kadang itu, sudah tidak terpenuhi lagi. Ada yang pindah ke tugas ke daerah lain, dan sebagainya,” terangnya.

Dengan adanya, usulan itu, mantan kepala Puskesmas Wapunto Kabupaten Muna ini, berharap agar diakomodasi PPSDM Kemenkes.

“Jadi, kita berharap agar diakomodasi. Kita menunggu, keputusan kementerian. Kita sebatas mengusul. Kalau soal rekomendasi, bagi petugas NS yang dipandang berprestasi, maka kita rekrut kembali.

Termasuk, tenaga teknologi laboratorium medik, tenaga kesehatan yang spesifik bekerja di laboratorium. Itu juga di Mubar belum ada, sudah diusul, tetapi belum tertampung,” tandasnya.

Sebagai tambahan, rincian kuota tenaga kesehatan Nusantara Sehat jalur individu yakni, farmasi sebanyak 3 orang, kesling 9 orang, perawat 4 orang, analis kesehatan sebanyak 13 orang, dokter umum 4 orang, dokter gigi 11 orang, bidan 1 orang, dan tenaga gizi 4 orang.

Mereka akan disebar pada puskesmas yang mengalami kekosongan tenaga kesehatan. (m1/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.