Dishub Konkep Usul Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Feri Sawea-Amolengu ke Kemenhub RI

300
H Harsin Abdulrahim. Foto: Karim/Rakyat Sultra.

 

 

LANGARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus mendorong laju percepatan pembangunan di daerah itu. Langkah yang dilakukan salah satunya adalah membuka konektifitas antarpulau dengan mengusul pembangunan pelabuhan Penyeberangan Feri Sawaea Kecamatan Wawonii Selatan-Amolengu Kabupaten Konawe Selatan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Konkep, H Harsin Abdulrahim, saat ditemui di pelataran kantor Bupati, Senin (5/4/2021). Katanya, pihaknya saat ini tengah mengusulkan pembangunan pelabuhan kapal Feri Sawea- Amolengu itu ke Kementerian Perhubungan RI.

“Dokumennya sudah siap, namun masih ada dokumen persyaratan yang belum dipenuhi salah satunya adalah kesesuaian pembangunan pelabuhan dengan Rencana Tata Ruang Provinsi,” jelasnya.

Mengenai dokumen yang disiapkan kata H Harsin, pihaknya telah menyiapkan dokumen seperti Feasibility Studi (FS), Detail Engineering Design (DED), dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

“Anggarannya membutuhkan Rp60 Miliar berdasar hitungan kami. Jika ini terlaksana maka rutenya Pelabuna Feri Sawaea Kecamatan Wawonii Selatan menuju pelabuhan Feri Amolengu Kabupaten Konawe Selatan bisa terkoneksi melalui jalur laut,” bebernya.

Karena itu ia, berharap usulan pembangunan pelabuhan Fery Sawaea Kecamatan Wawonii Selatan bisa diakomodasi Kementerian Perhubungan RI sehingga bisa memberikan kontribusi terhadap laju pembangunan di Konkep.

“Ini juga selaras dengan visi misi Bupati Konkep dengan tagline Bangkit, Wawonii Kompetitif dan Tangguh,” tambahnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.