Ditlantas Polda Sultra Gelar Sosialisasi Larangan Mudik 2021

175
Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Sultra, AKBP Jawardi memberikan takjil gratis kepada pengendara yang melintas

Rakyatsultra.com, KENDARI —  Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas)Polda Sultra melakukan sosialisasi larangan mudik lebaran 2021 guna mencegah penyebaran covid 19. Kegiatan itu dipimpin langsung Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Sultra, AKBP Jawardi didampingi beberapa personil Ditlantas Polda Sultra

 

“ Operasi keselamatan sudah, berjalan tiga belas hari. Untuk tindak lanjutnya, kalau Kemarin kita hanya memberikan penyuluhan tentang tertib berlalu lintas dan lain sebagainya. Tindak lanjut sekarang kita sosialisasi tentang pelarangan mudik yang sudah diedarkan atau berdasarkan surat edaran dari Satgas covid-19,” ujar Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Sultra, AKBP Jawardi. Usai gelar sosialisasi larangan mudik dirangkaikan pembagian takjil dan pembagian masker di simpang empat tugu Religi Kendari. Sabtu (24/4/2021)

 

AKBP Jawardi mengatakan, dalam rangka operasi keselamatan guna pencegahan covid-19 Ditlantas Polda Sultra melaksanakan sosialiasi atau imbauan kepada masyarakat terkait dengan larangan mudik atau tidak melaksanakan mudik pada saat lebaran. Lanjut dia , Sosialisasi ini dilaksanakan sekarang secara masif penyampaiannya. Baik itu dengan pola preemtif, preventif dan humanis. Termasuk juga edukasi pengemudi agar tertib berlalu lintas.

 

Kata dia, terkait larangan mudik pada 6 Mei  hingga 17 Mei 2021 mendatang, nantinya  akan dibangun pos-pos penyekatan sesuai instruksi dari Kementerian Perhubungan RI dan ada wilayah aglomerasi atau wilayah perkotaan. Bahwa lebaran tahun ini masyarakat dilarang untuk melaksanakn mudik sesuai dengan surat edaran daripada Satgas Covid 19 nomor 13 tahun 2021. Disitu dijelaskan bahwa masyarakat dilarang mudik, baik itu antar kota , antar kabupaten , antar provinsi bahkan antar lintas Negara demi keselamatan  bersama.

“ sesuai dengan surat edaran Satgas Covid 19 , kita tidak di perbolehkan mudik , lebih baik kita dirumah saja,” ujarnya

AKBP Jawardi menambahkan, nantinya ada tiga tahap yang akan dilakukan. Pertama , pra larangan mudik yakni sosialisasi supaya masyarakat sadar untuk tidak melaksanakan mudik. Kedua pra operasi pada tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021, sedangkan untuk penerapan larangan mudik di mulai tanggal 6 Mei hingga 17 mei 2021. Selanjutnya akan dilaksanakan Pasca operasi tanggal 18 mei hingga 24 mei 2021 .

 

“Sebelum H-1 Polda Sultra akan melakukan penyekatan di sejumlah titik terkait larangan mudik dengan mendirikan beberapa Pos Check Point . Yakni di Kabupaten-kabupaten perbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan, Selain itu, ada juga dibeberapa Kabupaten akan dibentuk Pos terpadu untuk antisipasi mudik antar provinsi, demikian pula antar kabupaten, seperti di bandara dan pelabuhan penyebrangan yang ada di sultra,” Pungkasnya.

Pada Kesempatan itu, Ditlantas Polda Sultra membagikan takjil dan masker gratis kepada pengendara yang melintas di depan tugu Religi Kendari. Mereka menggunakan masker serta menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. (p2)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.